Select Page

Informasi yang didapat, di Soehanah ini begitu terjadi semburan lumpur, sumurnya bisa langsung ditutup di BOP dan kick nya di sirkulasi. Sehingga blow out dapat dicegah. Definisi dari BOP sendiri adalah blow out preventer, bukan blow out remover. Yang artinya pencegah blow out.

Tanya – raiza_ndut

Hai guyes…..

Gue member baru nih….

Mo minta tolong ada yang punya gambar Rig Apexindo yang Blowout
(soehanah) mau dong…, thx yaa…

Tanggapan 1 – Yacob Messakh

Ini manggilnya apa..?

Mba Raiza ato Mas Raiza / Pak Raiza ato Bu Raiza…?

RIG Soehanah blowout….?
Sudah pernah dimuat dari Pak Budi…
Cuma filenya besar jadi bisa diundh dari website Migas Indonesia.

Tanggapan 2 – Ridwan Hardiawan

Cuma sedikit konfirmasi,

Ternyata itu bukan Blow out, hanya kick biasa. Cuma videonya langsung dipotong, jadi kesannya serem.

Tanggapan 3 – yulianto_keren

Sedikit koreksi juga pak,

Menurut yang saya ketahui kalo udah nyembur gitu terlepas mau ada ledakan atau tidak ya namanya sudah blow out.dan juga kick yang sampe blow out kayaknya gak pas kalo disebut biasa.

Tanggapan 4 – Nataniel Mangiwa

Kick: Adanya aliran dari formasi ke wellbore (sekecil apapun volumenya, misalnya: 1m3 ). Manifestasi dari kick ini adalah gain.

Blow out: Tergantinya seluruh mud di wellbore oleh fluida dari formasi (artinya bisa 2 hal, mud sudah habis keluar ke surface ditekan oleh fluida formasi atau kasus ke-2 mud sudah hilang semua karena Total Loss).

Jadi menurut saya memang kejadian yg dibicarakan di sini lebih tepat disebut Blow Out.

Tanggapan 5 – Ridwan Hardiawan

Saya setuju dengan pendapat mas nataniel,

Kick itu aliran fluida dari formasi ke well bore. Tapi saya memiliki batasan lainnya juga, saat kita ngebor sumur gas, biasanya background gas juga selalu naik (terbaca di background gas detector – kalau yang pake tentunya, ga semua company masang), itu juga merupakan indikasi adanya gas yang masuk ke sistem sirkulasi lumpur, tapi kita tidak pernah mengkategorikan itu sebagai kick, background gas yang naik mengindikasikan kita sudah ngebor di lapisan reservoir.

Pendapat saya yang lain (dan juga biasa disebut oleh para instructor di well control course), blow out itu adalah = uncontrolled kick. Kick yang tidak terkendali dan merusak apa yang ada diatasnya.

Informasi yang saya dapat, di soehanah ini begitu terjadi semburan lumpur, sumurnya bisa langsung ditutup di BOP dan kick nya di sirkulasi. Sehingga blow out dapat dicegah.

Definisi dari BOP sendiri adalah blow out preventer, bukan blow out remover. Yang artinya pencegah blow out. Maka menurut saya, semua kick yang bisa dihalangi oleh BOP bukanlah blow out, karena bisa di prevent.

Lumpur nyembur seperti yang dilihat di video2 itu bisa terjadi dari dua arah, bisa dari arah annulus atau dari arah drill string (biasanya saat make up connection). Makanya ada alat IBOP juga di kelly atau di topdrive atau di bit sub, alias BOP untuk drillstring biar lumpur ngga nyembur dari drill string. Untuk soehanah ini kasusnya lumpur nyembur dari annulus dan langsung ditahan oleh BOP di pipe ram.

Kalau nyemburnya dari drillstring biasanya lebih seru lagi, si floorman- driller- bahkan tool pusher kadang2 langsung turun ke rig floor masang IBOP biar ga ada aliran lumpur muncrat dari drill string.

Menurut informasi yang saya terima dari teman yang ngurusin sumur ini, Di soehanah ini adalah pengeboran sumur eksplorasi yang saat itu tiba masuk ke zona loss unexpected, akibatnya kolum fluida di annulus turun sehingga zona gas di atasnya (tekanannya tidak terlalu tinggi) tidak terhalang oleh cukup tekanan hidrostatik.

Soehanahnya sendiri sekarang masih beroperasi secara normal di daerah Kalimantan Timur, tidak ada kerusakan pada rig nya (ini rig baru nya Pak Arifin Panigoro lho!!!) dan sumur kick ini adalah sumur pertama yang dibor oleh Soehanah.

Tapi tentunya pendapat setiap orang berbeda-beda, dari pada berbeda pendapat mengenai nama kick atau blow out, saya lebih suka menyebut kejadian seperti ini sebagai well control incident.

Tanggapan 6 – Harry Eddyarso

Dear all,

Biar lebih jelas, menurut definisi di dunia drilling:

1. Kick adalah aliran fluida (bisa cairan minyak, air atau gas atau kombinasi semuanya) yang keluar dari reservoirnya ke lubang bor dan naik ke permukaan. Keluarnya fluida ini karena kondisi under-balance, dimana tekanan hidrostatik lumpur lebih rendah dari tekanan formasi dimana kick itu berasal.

2. Blow-out adalah uncontrolled kick atau semburan liar (liar karena gak bisa di kontrol). Detailnya seperti yang dijelaskan Mas Ridwan Hardiawan di bawah ini.

Tanggapan 7 – ndut aja

Oh…., Boleh tahu videonya nya pak karena saya pernah dikirim oleh temen saya tapi sayang tidak bisa dibuka…

Tanggapan 8 – ‘harming ambarwati’

Saya semakin penasaran sama gambarnya nih, kalo ada yang mau share gambarnya, monggo banget. Ditunggu.

Tanggapan 9 – Budhi, Swastioko (Singgar Mulia)

Video durasi singkat mengenai Soehanah Blowout sebenarnya sudah ada di www.migas-indonesia.net, halaman download, folder ‘Attachment Milis Migas Indonesia’, atau URL
http://migas-indonesia.net/index.php?option=com_docman&task=cat_view&gid =57&Itemid=42

Share This