Definisi Kecerdasan Perusahaan versi Howard Gardner adalah kemampuan perusahaan dalam memecahkan masalah, menghadapi tantangan atau menciptakan produk produk berharga. (Frames of Mind, New York: Basic Books, 1993). Persoalannya adalah pengetahuan dan keahlian tersebar dalam banyak fungsi di perusahaan sehingga “kemampuan” perusahaan sangat ditentukan oleh seberapa harmonis perpaduan (resultante) antar fungsi perusahaan atau kualitas interaksi antar fungsi perusahaan (sistem).

Isywara Mahendratto

Definisi Kecerdasan Perusahaan versi Howard Gardner adalah kemampuan perusahaan dalam memecahkan masalah, menghadapi tantangan atau menciptakan produk produk berharga. (Frames of Mind, New York: Basic Books, 1993).

Persoalannya adalah pengetahuan dan keahlian tersebar dalam banyak fungsi di perusahaan sehingga “kemampuan” perusahaan sangat ditentukan oleh seberapa harmonis perpaduan (resultante) antar fungsi perusahaan atau kualitas interaksi antar fungsi perusahaan (sistem). Lihat artikel Corporate Culture berikut : http://servocenter.wordpress.com/2007/05/12/corporate-culture/

Berdasarkan penelitian Jac Fitz-Enz, “The Truth About Best Practice :What They Are and How to Apply Them,” Human Resources Management, 1997, terhadap enam ratus perusahaan dilebih dari dua puluh industri, memiliki perusahaan cerdas terbukti memberikan “keuntungan” secara ekonomis. Variable penelitian meliputi profitabilitas, lama usaha, volume dan indeks kinerja lain yang sejenis.

Ditemukan kesamaan pola diantara perusahaan perusahaan sukses dalam pengelolaan sumber daya manusia meliputi :

– Keseimbangan antara aspek kemanusiaan dan aspek keuangan dalam agenda perusahaan

– Komitmen perusahaan terhadap strategi dasar

– Prakarsa untuk merangsang peningkatan kinerja

– Komunikasi yang terbuka dan saling percaya di antara partisipan

– Membangun hubungan didalam dan diluar kerja yang menawarkan keunggulan kompetitif

– Kolaborasi, saling dukung dan saling berbagi sumberdaya

– Inovasi, keberanian mengambil resiko dan kesediaan belajar bersama

– Gairah untuk bersaing dan terus memperbaiki diri. (Jac Fitz-Enz, The Eight Practices of Exceptional Companies, New York: American Management Association, 1997).

Menariknya adalah terdapat kesamaan antara “kecerdasan sistem” perusahaan perusahaan unggulan dengan “kecerdasan sikap” individu yang memiliki kinerja sangat prima.