Flowline adalah pipa penyalur minyak dan gas bumi dari suatu sumur menuju tempat pemisahan. Flowline biasanya memiliki diameter 2-4 inch (tergantung dari kapasitas sumur). Agar aliran tidak kembali dalam sumur (back flow) maka pada tiap flowline dipasang sebuah check valve. Manifold adalah sekumpulan valve yang dideretkan untuk mengatur aliran masuk ke header dan separator yang dikehendaki.

Pembahasan – Fadhli Halim

Selamat sore pak budi,

Saya iseng-iseng bikin document. Tolong di forward ke milis ya pak…
Oh yach, saya masih banyak belajar, kalau ada salah, tolong rekan milis mengoreksi.
Thanks & Regards.

Attachment : Flowline, Manifold dan Separator

Tanggapan 1 – Administrator Migas

Bagi rekan-rekan Migas Indonesia yang mau memberikan masukan terhadap dokumen terlampir, dipersilahkan langsung memberikan komentarnya ke Milis Migas Indonesia.

Tanggapan 1 – Crootth Crootth

Mas Budhi,

Usaha yang bagus dari seorang mahasiswa.. meskipun masih sangat jauh dari sebuah dokumen yang patut di jadikan pegangan (reference).

1. Beberapa penafsiran saya yakin kurang tepat: fungsi dan kegunaan vertical separator misalnya, kenapa disebutkan vertical separator tidak cocok untuk tekanan tinggi? yang dimaksud tekanan tinggi itu berapa? seorang (calon) engineer, jika dia bilang tinggi, yah musti menyebutkan setinggi apa? Tentang penafsiran spherical separator kok tidak menyinggung sama sekali kegunaannya untuk menyimpan liquid yang flammable macam LNG?

2. Mengenai external devices, tidak semuanya harus dimiliki oleh separator, dan masih ada yang kurang misalnya temperatur dan pressure sensing, dsb.

3. Mohon disebutkan jarak T/T dan inner diameter harus kelipatan 6′, saya kira perlu dikonfirmasi ulang sumbernya dari mana?? jangan jangan hanya baca dari satu sumber lantas dianggap sebagai RAGAGEP?

4. Siapa bilang ketebalan demister hanya 4′ atau 6′, dalam beberapa kasus ada demister yang tebalnya 1 ft. Mohon menncantumkan sumbernya.

Menurut saya, betapapun masih banyak kesalahan, namun ini adalah awal yang baik. Keberanian menulis patut diacungin jempol, biar salah yang penting berani bertempur di milis migas ini, SALUT.

Keep writing!

Tanggapan selengkapnya dari rekan-rekan Mailing List Migas Indonesia pembahasan Bulan September 2007 dapat dilihat dalam file berikut: