Select Page

Bersama ini saya ingin coba mencari pengetahuan dan ilmu di milis ini, saya ada kasus yang belum bisa saya temukan pemecahannya. Mohon bantuan teman2 untuk bantu saya mencari metode yang paling simpel untuk menghitung/ analisa beban pendinginan. Kasusnya seperti ini:
Bagaimana ya caranya menstabilkan temperature air pada suhu 15 C pada bak air terbuka dengan kapasitas 3,4meterkubic, dimana air didalam bak berpungsi untuk mendinginkan plastic film.
Bak atau bejana tersebut dilewati semacam pully atau roll yang berputar yang membawa lembaran plastic film dengan suhu 250 C. air didalam bak tersebut akan saya sirkulasikan ke chiller.

Tanya – fuad mubaraq

Dear All:

Sebelumnya saya kenalkan diri dulu, saya Fuad product consultan untuk Plate and Frame heat exchangers, saya belum lama gabung di milis ini dan selama ini hanya menjadi pembaca yang baik saja.

Bersama ini saya ingin coba mencari pengetahuan dan ilmu di milis ini, saya ada kasus yang belum bisa saya temukan pemecahannya. Mohon bantuan teman2 untuk bantu saya mencari metode yang paling simpel untuk menghitung/ analisa beban pendinginan. Kasusnya seperti ini:
Bagaimana ya caranya menstabilkan temperature air pada suhu 15 C pada bak air terbuka dengan kapasitas 3,4meterkubic, dimana air didalam bak berpungsi untuk mendinginkan plastic film.
Bak atau bejana tersebut dilewati semacam pully atau roll yang berputar yang membawa lembaran plastic film dengan suhu 250 C. air didalam bak tersebut akan saya sirkulasikan ke chiller.

Menurut teman2 berapa temperature In dan out ke bak dan flow air yang saya butuhkan guna menjaga air tersebut stabil di suhu 15 C dan seperti apa arrangement Piping sirkulasi air di bak tersebut agar maximal.

Faktor2 apa saja yg harus saya ketahui untuk memghitungnya,,? apakah baknya kurang besar, ?

Mohon bantuan teman2 yang expert dan ahli dibidang ini dan siapa saja saya tunggu advicenya

Terimakasih banyak

Tanggapan 1 – Budi.arman@ikpt

Pak Fuad,,

Saya mo tanya dulu sebelum mencoba menjawab..

1. berapa kapasitas/flowrate plastic film yang akan bapak dinginkan,,

2. temperatur plastic film setelah didinginkan

3. conductivity thermal plastic film

Kalau sekedar gambaran besar nantinya bapak bisa memainkan flowrate air pendingin dengan pompa serta kapasitas pendinginan dari chiller..

Tanggapan 2 – roeddy setiawan

Dear Pak Fuad,

Wah seram juga nih tugas nya, some how data dasarnya kurang lengkap jadi unsolvabel.

Barangkali kalau ada data lain silahkan di posting lagi pak pasti banyak yang gatal mau nimbrung.

Maksud saya bapak baru posting bak baru sebagian, baiknya disebut volume nya relasinya bgmnadg situasi sekrg misal, pada saat start up pagi 2 bak nya isinya berapa; 3.4 m m m ??, ini penting buat kapasitas panas storage, kondisi actual saat ini jam sembilan sudah panas bnget misalnya.

Heat load dari roller berapa mmbtu atau kwh atau apa saja yang bisa indicate beban pendinginan yang diperlukan.

Elevasi bak berapa , ini perlu buat associated facilities untuk bawa media baru atau aux collant just in case diperlukan.

Dari pada transfering heat via sensible heat yang cuman sekitar 1 kal/gr c ; apakah sudah lihat kemungkinan rejecting heat load via laten heat yang potensi nya bisa 500 x nya, latent heat wtr 540 kal/gr jadi lebih irit kan , ada tinggal semprotkan airnya ke udara, yang jatuh ke tampungan baw balik ke bak.

Apakah 15 C itu sudah ngak bisa ditawar tawar, rasanya 15c itu hanya ada di bukit tinggi, atau puncak atau lembang kalau di jak harus 15c musti tambah chiller .

Kalau heat load dr roller nak ketahuan jadi unsolvable lagi, mungkin bisa didekati dg pemakain alat semuanya. Tapi ini pak pake bak segala apakah ini home industry buat kantongan plastik hati hati segi safety nya pak.

Tanggapan 3 – M. Teguh

Pak Fuad,

Selain data yang ditulis pak Budi, sebagai tambahan mungkin perlu di cari terlebih dahulu juga:
1. Koefisien konveksi thermal (h) air pada suhu rata2 (132.5 C) karena yang berperan disini konveksi.

2. Luasan plastic filmnya

3. Suhu udara ambient

4. Luas permukaan air bak yang terbuka ke udara (kapasitas/tinggi bak)

5. Berapa lama direndam plastic film nya (detik).

Tanggapan 4 – Crootth Crootth

Pak Fuad

Menyambung Pak Ruddy, pertanyaan terbesarnya adalah kenapa harus 15 degC?
Bukankah perpindahan panas menganut prinsip dasar mCpdT ? artinya bukan hanya temperature pendinginan saja yang berperan. Kapasitas panas dan Laju alir pindah panas juga berpengaruh.
Ada juga rumus pindah panas umum untuk HE seperti UA(LMTD). Artinya pada koefisien pindah panas total (tergantung material heat transfer, fouling, film, dst) Luas permukaan pindah panas, dan Log-Mean Temperature Difference.
Sekali lagi datanya masih kurang lengkap untuk secara tuntas dijawab di sini.

Tanggapan 5 – fuad mubaraq

Thanks bapak2 atas intererstnya pada problem saya,

Banyak juga ya variabel untuk menghitungnya, jadi merepotkan nih saya,

Intinya teman2, air di dalam Bak maximal suhunya 15 C,(kagak bisa ditawar he he) karena jika lebih akan mempengaruhi kwalitas Plastic film( bahan dasar kemasan seperti rinso,wafer tango Dll).
Flow rate plastic filmnya 1750 kg.Hour dengan Temp 250 degree C, untuk temp plastic film setelah di dinginkan bebas pak, plasticnya akan bagus kalau dilewatkan (direndam) dg suhu 15 tersebut. yang jelas kapasitas baknya sekitar 3 m3, dengan dimensi bak terpasang panjang 2,9 meter, lebar 1,4 meter, dan tinggi 0,8 m. Untuk ukuran roll berputar yang membawa plastic film, ukuranya kurang lebih sama seperti drum minyak tanah atau oli yang umum kita lihat. Parameter yang lain2 (suhu ambient, conduktivitas material, dll)boleh juga pake asumsi teman2 dulu.(yg umum jg boleh) karena saya tak ada datanya. Jadi intinya berapa suhu dan flow air yang harus saya suplay dari PHE(plate heat exchangers) saya ke bak tersebut agar suhunya stabil di 15 c dg 3,4 m3.

Tanggapan 6 – roeddy setiawan

Dear pak Fuad,

Sori nih ngengkel, kayak nya masih ada yang perlu dijelaskan deh di statement anda.

1750 kg/hr feed at 250 C. ini maksudnya tadinya film ini suhu nya ambient keluar dari alat pembuat kemasan jadi 250 C begitu. nah dari sini film tersebut langsung direndem di bak atau disembur dulu pake udara kan engak beli???? setelah mendekati suhu udara say asumming temp approach nya 20, kalau anda di jkt suhu udara about 85-90 F, jadi film sebelum nyebur approx 110F.

Sampai sini asuming tebak2 nya benur, jadi heat load dr bak = 1750 kg Cpfilm x (110 – yy).

Sekarang ada assumsi lagi , sama temp approach 20 F , cooling water di bikin konstant 15C= 59 F. temp film yang bucicis keluar dari bak = 59 +20 = 79 F

mass film = 1750 kg = 3858 lb asumming cp = 0.6 btu/lb F

heat load = 3858 x 0.6 x (110-79) btu

Tanggapan 7 – teguh budiono

Saya mau menambahkan sedikit, perlu diketahui juga, properties material tank dan insulasinya apa, untuk mengetahui beban konduksinya.
Supply chilled water ke bak bisa dikontrol pake 3 way valve, supaya kapasitas chilled water yang masuk ke cooling coil pada bak bisa diatur.

Share This