Select Page

Keterlambatan delivery suatu product tidak berdampak pada disqualifikasi terhadap perusahaan selama beberapa bulan selain penalty, terkecuali disebabkan oleh beberapa hal ; 1. Perusahaan / contractor melarikan diri karena tidak sanggup dengan berbagai aturan client selama project berjalan; 2. Terjadi perbedaan persepsi mengenai commercial issues dsb. sehingga harus diselesaikan melalui court / pengadilan); 3. Setelah project selesai, hasil review membuktikan bahwa keterlambatan disebabkan oleh ketidakmampuan contractor dalam hal financial.

Tanya – andreas timothy

Dear All,

Mohon petunjuk dalam proses lelang kontrak oil & gas (supply & install product), apa ada syarat khusus bahwa keterlambatan delivery time dapat berdampak diskualifikasi perusahaan di oil & gas company selama beberapa periode, selain penalty?

Bila ada aturan diskualifikasi untuk mengikuti tender sejenis ini di masa yad, apa ada aturannya dari BP Migas / Dirjen Migas?

Tanggapan – Yacob Messakh

Pak Andreas,

Saya coba jelaskan sedikit mengenai pertanyaan Bapak sejauh yang saya ketahui / alami.
Sejauh yang saya alami keterlambatan delivery suatu product tidak berdampak pada disqualifikasi terhadap perusahaan selama beberapa bulan selain penalty, terkecuali disebabkan oleh beberapa hal ;

1. Perusahaan / contractor melarikan diri karena tidak sanggup dengan berbagai aturan client selama project berjalan

2. Terjadi perbedaan persepsi mengenai commercial issues dsb. sehingga harus diselesaikan melalui court / pengadilan).

3. Setelah project selesai, hasil review membuktikan bahwa keterlambatan disebabkan oleh ketidakmampuan contractor dalam hal financial.

Untuk item #1 dan #2, biasanya contractor tersebut langsung di-black list oleh client yang bersangkutan selama beberapa bulan atau bahkan secara permament – tergantung policy dari client tsb.
Kenyataan, ada beberapa contractor baik asing maupun local sampai saat ini masih black list akibat item 1 & 2.
Sedangkan untuk item #3, biasanya setelah clarifikasi lebih lanjut, contractor tetap dibolehkan untuk mengikuti tender / lelang dengan syarata tertentu, seperti nilai contract tidak terlalu besar atau untuk project maintenance saja.

Share This