Cukup banyak product EVC serupa yang relative murah meriah di pasaran. Di Indonesia / PGN cukup populer EVC dari Elster Instromet, RMG, Slumberger – check saja di website atau contact rep. nya di Indonesia untuk detail model number. Sebagai alternative (lebih accurate – dan sedikit lebih mahal) bisa juga pakai field mounted flow computer baik yang battery powered spt. Nuflo (Barton) scanner 2000 atau solar panel – Emerson Flobos 103. Pilihan lain juga banyak.

Tanya – dhani amannatur

Dear Milister,

Mohon informasi merk produk volume corrector (natural gas) yg mempunyai spesifikasi external transduser seperti merk Actaris Coruz-PTZ. Terimakasih.

Tanggapan 1 – Wisnu Purwanto

Cukup banyak product EVC serupa yang relative murah meriah di pasaran. Di Indonesia / PGN cukup populer EVC dari Elster Instromet, RMG, Slumberger – check saja di website atau contact rep. nya di Indonesia untuk detail model number. Sebagai alternative (lebih accurate – dan sedikit lebih mahal) bisa juga pakai field mounted flow computer baik yang battery powered spt. Nuflo (Barton) scanner 2000 atau solar panel – Emerson Flobos 103. Pilihan lain juga banyak. Thanks.

Tanggapan 2 – dhani amannatur

Pak Wisnu merk2 tsb memang sudah umum d Indonesia, tetapi spesifikasinya pakai In House Transduser dg menggunakan tubing. Kelemahannya kalo EVC harus mobile (d pindah tempat) kita harus membuat tubing ulang. Untuk itu saya ingin mendapatkan referensi ttg EVC yg menggunakan external transduser dg kabel. Terimakasih.

Tanggapan 3 – Wisnu Purwanto

Saya sendiri belum pernah pakai Coruz PTZ tapi dari technical spec. tampaknya serupa dengan product EVC yang lain, yaitu memiliki built-in piezo electric pressure dan temp. sensor.
Umumnya EVC dan juga field mounted flow computer memiliki built-in DP, P, T transducer karena hal ini merupakan solusi yang paling ekonomis dan practical; dibanding menggunakan external P and T transmitter/transducer, disamping extra cost anda tetap membutuhkan tubing untuk P dan nozzle untuk memasang T sensor. Dan jangan lupa, anda juga harus comply dengan persyaratan installasi untuk hazardous area – saya berasumsi aplikasi anda untuk Natural Gas. Dengan asumsi anda telah memiliki pressure dan temperature trasnmitter dilapangan, dan tidak keberatan menarik kabel tambahan termasuk untuk power supply maka bisa memakai Omni Remote Meter Controller, jauh lebih canggih, bisa untuk flow meter apa saja, memiliki 6 I/O, TCP/IP dan s/d 5 Serial Ports; dan tentunya lebih mahal. Pilihan lain tarik saja kable ke kontrol room dan hub. dengan flow computer atau flow calculation module. Kalau anda memberikan detail aplikasi bisa jadi ada pilihan lain yang lebih feasible.

Pak Dhani,

Mungkin salah satu solusinya bisa menggunakan EVC yang mempunyai analog input (belum pernah periksa apakah semua merk EVCyang ada, mempunyai analog input); untuk dihubungkan dengan Pressure transmitter, jadi kalaupun EVC nya mobile, Pressure Transmitternya tidak perlu dibawa-bawa dan tidak perlu pasang tubing lagi, tetapi itu berarti pada metering skidnya menggunakan pressure transmitter.

Kalau hanya ‘transduser’ nya saja yang di tinggal akan sulit pada saat pemasangan, karena nanti pada setiap kali pemasangan; tranduser dan ADC di dalam EVAC harus selalu di kalibrasi.
Saya sependapat dengan Pak Wisnu, akan jadi lebih mahal bila tidak build in.
Mohon pencerahannya.

Tanggapan 5 – agung wirjawan

Pak Dhani bisa coba hubungi PT Pratiwi Putri Sulung, Rep. RMG di Indonesia, ada produk EVC yang seperti Bapak inginkan, yaitu menggunakan external transducer. Terimakasih.