Apabila memakai software outlook backup, kelebihannya adalah semua yang ada di mailbox akan di backup, termasuk calender, contact, inbox, jurnal, notes, account setting, email setting, rules, etc. Namun jika hanya perlu mem-backup email (inbox) saja, cukup menggunakan personal folder. Sebenarnya bukan mem-backup, hanya memindahkan lokasi penyimpanan dari Mailbox di Outlook Server ke komputer sendiri (client) apabila menggunakan personal folder.

Tanya – Abu Ali Masykuri

Dear Milister,

Mohon bantuannya Bapak2/Ibu2 yang tahu ttg software Outlook Backup yang freeware..
Thanks and regards.

Tanggapan 1 – Administrator Migas

Bagaimana kalau anda mengcopy file dengan format PST di komputer anda ?.
Saya biasa mem-backup outlook dengan cara ini, tidak perlu menggunakan software.

Tanggapan 2 – Anang Sunaryo

Kalau e-mail program yg di pakai adalah Outlook Express, Silahkan coba ‘Outlook Express Backup 6.5’. Filenya bisa di download di www.download.com http://www.download.com/

Tanggapan 3 – YST

Saya tidak menggunakan back-up, tapi cukup meng-copy file e-mail (pst) atau dipindah ke drive D atau sesuka saya yang jelas bukan di C. Kemudian kita buka file dari tempat yang baru tersebut pakai outlook, atau buka outlook-nya dulu (file>open>outlook data open>……cari file.pst di drive dimana file.pst tsb disimpan) dan selanjutnya kalau ada file atau email baru akan otomatis masuk kefile outlook tsb, bukan ke drive C lagi.

Tanggapan 4 – Anang Sunaryo

Kalau memakai software outlook backup, kelebihannya adalah semua yg ada di mailbox akan di backup, termasuk calender, contact, inbox, jurnal, notes, account setting, email setting, rules, etc. Namun jika hanya perlu mem-backup email (inbox) saja, pake personal folder sepertinya cukup. Sebenernya sih bukan mem-backup ya… cuma memindahkan lokasi penyimpanan dari Mailbox di Outlook Server ke komputer sendiri (client) kalo pake personal folder.

Tanggapan 5 – Aroon Pardede

Sebenernya file PST juga bisa membackup contact, journal, notes, calendar, etc. pokoknya directory tree yang ada di outlook, semua bisa di masukkin ke dalam PST kok… (CMIIW).

Tanggapan 6 – Hendra Pranajaya

Tergantung Protocolnya apa yang dijalankan sebagai service di Exchange Servernya pak…, kalo yang dipakai SMTP ya yang harus dibackup Mailbox diservernya. Tapi kalo dipakai POP3 maka otomatis mailboxnya akan di download ke local kompie defaultnya akan disimpan c:…. , jadi kalo data dari email yang sudah dilocal kompie bisa dibackup dari outlook (*.pst)…

Tanggapan 7 – Aroon Pardede

Setahu saya, exchange server punya protocol sendiri, yang gak sama dengan POP (untuk retrieve email), walaupun Exchange server bisa diconfigurasi untuk bisa POP dan SMTP access.
By the way, POP itu adalah protocol untuk menerima email, sementara SMTP (simple mail transfer protocol) adalah protocol untuk mengirim email. So, kalau untuk POP setting, email itu didownload dari server untuk kemudian disimpan di local computer (client). Berbeda dengan protocol Exchange dan IMAP, yang mengakses langsung ke server. Jadi, begitu tidak ada koneksi ke server, otomatis data2 (email, contact, calendar, etc) yang masih di server, tidak akan bisa diakses… So, bung Hendra, kayaknya gak ada hubungannya dengan SMTP, karena SMTP itu cuma ‘tukang antar pesan’ aja kok…..

Tanggapan 8 – eez fren

Sedikit mengklarifikasi,

SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) adalah protocol yang dipakai untuk mengirimkan email, analoginya adalah bis surat.

POP (Post Office Protocol) adalah protocol yang dipakai untuk mengambil email, analoginya adalah kotak surat di rumah atau PO BOX.

Email server bekerja dgn system store and forward sehingga membutuhkan kedua protocol tsb, namun ada juga yang bekerja dengan sistem web mail, spt yahoo, hotmail, dsb.
Email client dari system store and forward juga membutuhkan kedua protocol tsb utk mengirim/mengambil email ke/dari server. Setiap user mempunyai profile tersendiri di server yg menyimpan data2 contact & email dari user tsb, data2 di server dapat di back-up ke email client (private PC) dengan cara ‘archive’. contohnya utk Exchange Server, proses archive akan memindahkan data2 user tsb di server ke private PC dgn file ext *.pst letak menu archive berbeda2 tergantung jenis dan versi mail client nya, bisa dilihat di help menu. Untuk Ms Outlook 2003 SP2, ada di menu File-Archive. Setelah file *.pst terbentuk di local PC, file ini bisa dicopy lagi ke thumb drive/CD/HDD utk digunakan di PC lain atau sekedar b