FEED manhours rate sangat tergantung dari klasifikasinya dan secara garis besar biasanya dapat diklasifikasikan dalam : Expatriat (saat ini juga dibagi Expat Asia atau Eropa) dan tentu saja National. Kebutuhan Manpower tersebut sangat tergantung dari deliverable yang diinginkan dan scope pekerjaan dari FEED tsb. Kalau menyangkut berapa besarannya mungkin ini tergantung dari masing2 Engineering Company yang memberikan policy, yang pasti sudah termasuk didalamnya margin keuntungan dan overhead perusaahaan. Sehingga sangat susah menentukannya rate standard utk saat ini , apalagi untuk saat ini hampir semua Engineering company sangat sibuk dan overload. Sehingga dalam sisi owner, biasanya standard yang digunakan adalah database informasi rates dari proyek2 sebelumnya. dan saya yakin bila perusahaan bapak ereza mempunyai database tersebut. dan selanjutnya kurang lebih ‘feeling’ dari estimator untuk menentukan rate yang digunakan.

Tanya – Ereza Tridian

Dear Milis,

Saat ini saya sedang mengerjakan FEED Estimation Cost. Mohon kiranya bantuan informasi dari rekan2 yang berpengalaman dalam hal ini mengenai standard FEED Man-Hours Rate, baik di Project Management Team maupun Discipline Engineering-nya.

Terimakasih sebelumnya.

<>Tanggapan 1 – Alex Iskandar

Pak Ereza,

FEED manhours rate sangat tergantung dari klasifikasinya dan secara garis besar biasanya dapat diklasifikasikan dalam :
Expatriat (saat ini juga dibagi Expat Asia atau Eropa) dan tentu saja National.

Benar pak kualifikasinya dpt dibagi dalam:

A. PMT

– Project Manager

– Project Control

– Doc. Control

– Secretary

-etc ..

B. Engineering

1. Senior Engineer

2. Engineer

3. Designer

4. Draftmens

Kebutuhan Manpower tersebut sangat tergantung dari deliverable yang diinginkan dan scope pekerjaan dari FEED tsb.

Kalau menyangkut berapa besaran nya mungkin ini tergantung dari masing2 Engineering Company yang memberikan policy, Yang pasti sudah termasuk didalamnya margin keuntungan dan overhead perusaahaan. Sehingga sangat susah menentukannya rate standard utk saat ini , apalagi untuk saat ini hampir semua Engineering company sangat sibuk dan overload.

Sehingga dalam sisi owner, biasanya standard yang digunakan adalah database informasi rates dari proyek2 sebelumnya. dan saya yakin bila perusahaan bapak ereza mempunyai database tersebut. dan selanjutnya kurang lebih ‘feeling’ dari estimator untuk menentukan rate yang digunakan.

Sebagai referensi bisa juga di dapat di

http://www.ambit.com.au/salarysurvey/editions/current/ambit%20engineering%20salary%20index.pdf

Rate ini kurang lebih sama dengan rate aktual saat ini. dengan catatan:
untuk rate nasional adalah sekitar 30% dari rate Expat dan Rate Asian Expat adalah sekitar 60% dari rate Expat CMIIW. Semoga membantu,

Tanggapan 2 – Ereza Tridian

Pak Alex,

Thanks untuk link-nya. Saya sudah lihat dan akan menjadi salah satu referensi saya.

Memang kita punya beberapa referensi project sebelumya, namun seperti yg Pak Alex katakan rate-nya berbeda2 tergantung scope yg diminta dan resource yg available saat itu. Dan skr saya juga ingin membandingkan dengan standard nasional (Bappenas or BP-Migas, jika ada) atau mungkin rate dr beberapa eng company yg ada.

Kalau Pak Alex punya standard Bappenas or BP-Migas, mungkin bisa share ke saya? Thanks.