Select Page

Pig trap (launcher dan receiver) di-treat seperti pressure vessel jadi bisa menggunakan ASME Sect.8 Div.1, tetapi untuk closure secara spesifik tidak diatur disana. Hanya mungkin desainnya bisa menggunakan code tersebut diatas dan lakukan testing yang sesuai. Vendor pigging seperti TDW biasanya punya closure yg bisa digunakan langsung.

Tanya – halim_212

Dear milister..

Perkenalkan nama saya halim (new milister). saya sangat senang sekali bisa dan diijinkan bergabung di milist ini. Mohon pencerahannya rekan2 senior, saya akan melakukan proses pigging untuk pipeline 8′. untuk pig launcher maupun receivernya untuk CLOSURE yang biasanya dari vendor, akan kammi ganti dengan mengunakan steel palte. yang saya tanyakan apakah bisa dan accepted jika kita tidak menggunkan closure, apakah ada code yang dapat menjelaskan ini, mohon bantuannya karena saya masih junior dalam bidang pipiline.
terima kasih.

Tanggapan 1 – Isya Muhajirin

Pak Halim,

Pig trap (launcher dan receiver) itu di-treat seperti pressure vessel jadi bisa menggunakan ASME Sect.8 Div.1 tetapi untuk closure secara spesifik tidak diatur disana. Hanya mungkin desainnya bisa menggunakan code tersebut diatas dan lakukan testing yang sesuai. Vendor pigging seperti TDW biasanya punya closure yg bisa digunakan langsung.
Mudah2an bisa membantu.

Tanggapan 2 – decky antoni

Pak Halim/Pak Isya,

Maaf kalau jawaban saya berbeda, sebab pendapat saya bahwa pig receiver atau launcher di-design berdasarkan ASME B31.4 atau ASME B31.8 tergantung service-nya gas atau liquid hydrocarbon, tetapi biasanya closure nya di-design sesuai dengan ASME VIII Div. 1, closures yang biasa disupply oleh GD Engineering (UK) atau PECO (USA).

Tanggapan 3 – Bambang Sugiharta @klaras

Mas Halim,

Itu artinya sampeyan akan membuat closure sendiri. Yang agak hati-hati disini adalah bahwa design closure harus sesuai dengan design receiver/launchernya sendiri yang masuk ke pressure vessel. Artinya plate yang akan digunakan sebagai pengganti closure harus menjamin bahwa launcher/receivernya sesuai dengan design and code pressure vessel. Ini yang rumit apalagi untuk aplikasi gas, sealnya harus benar benar gas tight. Cost untuk membuat receiver seharga +/- 15-20K, harga closure sekitar 4000 an USD harus dikompromikan dengan usaha penghematan plus resiko accident pada saat pigging.
Tapi usaha untuk membuat closure tersendiri, saya terus terang appreciate, suatu saat juga ingin punya pabriknya di indonesia.

Tanggapan 4 – roeddy setiawan

Pak Hm,

Untuk di local indonesia pig trap di anggap sebagai pressure vessel, document yang bapak punya, biasanya ada di Inspection group bisa di rujuk . job book / manufacturing process tentang pig trap atau launcher bisa memberikan gambaran jelas action yang anda harus ambil. Tapi saya yakin asme 8.

Yang saya kurang faham, kenapa mau manufacturing sendiri dari tutupnya dari plate ???. saya yakin , job instruction ke contractor atau fabrikator di spesifikasi men saratkan all traceable material , heat number , certificate etc musti ada di job book.

Issue yang lain, please be aware bahwa Pig Launcher dan Receiver adalah barang yang paling berbahaya di oil and gas facilities, banyak sekali cerita ngak enak, tempat terjadinya fatality dari suatu system yang kelihatan sudah routine ngak masalah tiap operator faham , bleng fatality karena faulty receiver. pig trap generasi terahir umumnya dilengkapi berbagai mekanikal interlok untuk mencegah insiden tapi yah masih juga.

Point saya, please make all out effort supaya inherently safe, saya sugest, beli proper part, latest generation, kalau unit itu masih mau dipakai. kalau tidak dipakai lagi, remove immediately , update PID, update procedure/manual kalau ada dan disperse ke unit operation tempat pig trap tsb.

Tanggapan 5 – Annas Humaidy Faqih

Pak, saya kira yg dimaksud pak Halim adalah memfabrikasi sendiri temporary pig launcher & receiver yg biasa dipakai kontraktor2 untuk uji hydrostatic test & pigging pipeline. Jika saya benar, pak Halim harus pakai minimal 2x (dua kali) tebal plate yg sesuai kekuatan pipa pipeline. Pasang strip penguat (minimal 4, bentuk L minimal setebal plate closure itu). Panjang strip itu minimal 2′ dibibir pipa dan 3′ diclosure arah radial. Check weldingan dengan penetrant. Kalau sempat test dulu dengan tekanan hydrotest untuk memastikan sukses (nb. biasanya kontraktor gak sempat, langsung tancaaap …)
Rgds, Annas HF

Tanggapan 6 – halim_212

Terima kasih atas perhatianya rekan2,

Betul apa yang dikatakan pak annas, pig launc ama receive yang kami akan buat bertujuan untuk uji hydrotest dan pigging p/l. awalnya kami akan menggunakan plate, namun dengan berbagai alasan dan pertimbangan kemanan kami akhirnya menggunakan blind flange 900#. saat sudah hampir 85% selesai. dan terima kasih atas masukan dari rekan2.

Tanggapan 7 – Adhi Fadilah

Mas Halim,

Jangan lupa perhatikan gasket-nya juga, jangan sampai terjadi kebocoran di sana. Usul dari saya, gunakan permanent gasket sesuai dengan rating BL FLG tsb.

Share This