Select Page

Saya membutuhkan prosedur analisa Calcium Bromide.
Apabila rekan2 ada yang memiliki prosedur tersebut, kiranya dapat dikirimkan kepada saya.

Tanya – Agus Umaryasin

Dear all,

Saya membutuhkan prosedur analisa Calcium Bromide.
Apabila rekan2 ada yg memiliki prosedur tsb, kiranya dapat dikirimkan kepada saya.

Terima kasih sebelumnya.

Tanggapan 2 – Retno Pangestu @polyprima

Pak Agus,

Bapak bisa coba analisa dengan titrasi menggunakan AgNO3 untuk mendapatkan nilai bromidanya kemudian dikonversikan ke CaBr-nya dengan perbandingan berat molekul. Konsentrasi AgNO3 sesuai dengan kebutuhan (kadar analit) sampel bapak. Prosedurnya sbb :

1.. Teknik titrasi Volhard : tambahkan 50ml HNO3 10%, 25ml asam asetat glasial dan 15ml dikhloromethane. Tambahkan 20ml AgNO3 0.1M, tutup lalu kocok selama 1 menit. Tambahkan indikator Ferri ammoniumsulfat 2 ml, kocok. Titrasi dengan KSCN 0.1M sampai timbul warna coklat bata. Untuk kadar sampel dalam % lakukan pengenceran 50x. Ini bisa dilakukan secara manual. Perhitungan : kadar Br = (((Molar x ml) AgNO3 – (Molar x ml) KSCN)/gram sampel) x 159.8 .

2.. Jika bapak menggunakan elektroda Ag (teknik Potensiometer), bapak tinggal menambahkan HNO3 10% pada larutan sampel bapak kemudian titrasi dengan AgNO3 0.1M (untuk kadar sampel dalam %) atau AgNO3 0.02M (untuk kadar sampel dalam ppm). Perhitungan : kadar Br = (((Molar x ml) AgNO3) /gram sampel) x 159.8.
Semoga bisa membantu.

Share This