Select Page

Suatu kontrak jual/beli gas hendaknya secara jelas menyebutkan standard, cara pengukuran, harga, dan beberapa klausul teknis lainnya kondisi termasuk kualitas gas. Untuk acuan, bisa membaca AGA 4 – Natural Gas Contract, yang relatif tidak terlalu rumit.

Tanya – saptamai tarigan

Dear All,

Mohon bantuan dasar penentuan konversi gas dari volume (cubic meter) ke MMBTU (contoh besarannya 24.77) yang digunakan oleh PUGN untuk basis pembayaran industri.

Tanggapan 1 – roeddy setiawan

Dear pak Tarigan,

Saya yakin PUGN melakukan perhitungan berdasarkan composisi gas yang di deliver n2,co2,c1,c2,c3,ic4,nc4,ic5,nc5 dan c6 plus.

Masing masing species gas diatas ada nilai bakarnya yang standard. Jadi masing2 constituent di hitung nilai panas nya dari fraxi mol dikali ghv. lalu semua di jumlahkan misalnya ketemu 1050btu/scf. kalau pak tarigan pakai 5 juta kaki kubik, maka nilai panas yang dipakai adalah 5,000,000 x 1030 scf x btu/scf, scf nya dicoret tinggal btu kalau dibagi satu juta satuanya menjadi mmbtu.

Tanggapan 2 – Miftachul Munir @chevron

Contoh volume = 24.77 (M3 ?), berapa MMBTU= ?,

MMBTU = vol (mscf) X Hhv.

Bapak ambil sampel dulu menentukan kandungan komposisi gas. Lalu masukkan dan jumlahkan gross heating valuenya (Hhv). Sewaktu menentukan Hhv, lihatlah gas sales agreement. Mungkin ada klausul komponen apa saja yg dihitung dan metoda apa yg dipakai menentukan Hhv komponen C5+ atau C6+. Karena ada dua methoda berbeda.

Dasar perhitungan energi gas (MMBTU) diatas dpt dibaca di standad GPA 2145 dan 2261, 2172. Mudah2an membantu.

Tannggapan 3 – Bambang Satya Murti

Setahuku sih tinggal dikalikan saja antara volume gas yang terukur (SCF atau M3) dengan gas heating value-nya, ini sudah dalam BTU per SCF atau tinggal dkonversikan ke BTU per M3 (mestinya ada pada saat buat kontrak).
Atau ada metode yang lain?

Tanggapan 4 – Budhi, Swastioko (Singgar Mulia)

Thanks Mas Rosyadi atas program excelnya yang sangat berguna ini.
Silahkan dibuka attachment terlampir.

Attachment : LNG Calculator.xls

Tanggapan selengkapnya dari pembahasan tersebut diatas dapat dilihat dalam file berikut:

Share This