Untuk bapak bapak yang mengerti permasalahan di gas dehydration system apakah berpengaruh terhadap proses perpindahan panas pda reboiler dengan adanya kondensat yang masih terikut pada glycol. kalaupun berpengaruh apakah dampak dari adanya kondensat pada reboiler ini terhadap proses perpan yang terjadi?

Tanya – ARDIAN ARDIAN

Nama saya ardian , dan buat bapak bapak yang mengerti permasalahan di gas dehydration system apakah berpengaruh terhadap proses perpindahan panas pda reboiler dengan adanya kondensat yang masih terikut pada glycol. kalaupun berpengaruh apakah dampak dari adanya kondensat pada reboiler ini terhadap proses perpan yang terjadi

Atas bantuannya saya ucapkan terima kasih.

Tanggapan 1 – roeddy setiawan

Pak Adrian,

Tentu saja akan berpengaruh pak, karena setelah ada condensate reboiler bapak harus lebih extra keras bekerja. saya ngak ingat berapa latent heat condensate. tapi untuk diskusi ini kita umpmakan sbg air, latent heat nya 540 cal/gr. jd untuk menguapkan 1 gr condensate anda perlu suply 540 cal, lha kalau satu drum kan banyak sekalai extra heat yang harus anda pakai, artinya anda adjust heat flux nya lebih tinggi dengan membuka fuel lbh banyak. tentunya belum tentu bisa, karena ada banyak interlock yang bapak hars periksa.

Kalau reboiler bapak cekak, artinya selama kondensat itu belum habis di reboiler, temperature nya ngak bisa naik akan tetap di temperatur dididh kondensate, lha kalau temp didih nya kurang dari 360 F, glicol anda engak pernah bisa di purifikasi. kjarena dia minta 360 sd 420F. akibatnya apa, tentunya gas spwecification tidak terpenuhi he he he , jadi glycol nya blek amblek ngamuk ngak mau kompromi. kalau condenstae itu ahirnya terbawa balik lagi ke column, akibatnya bisa foaming, jadi glycol mbludek keluar tower mask ke p/l, taba tiba saja dilaporkan glicol hilang, kita tambah 4 drum lagi he he he.

Untuk itulah biasanya glycol dilengkapi dg carbon filter, kalau tidak telity biasanya yang dikasih filter side stream, artinya bukan 100 pct total flow, kalau begini sudah dipastikan ada HC mampir di reboiler bapak. semoga membantu pak penjelasannya.

Tanggapan 2 – ARDIAN ARDIAN

Terima kasih pak atas penjelasan bapak dan sangat membantu sekali.

Trus pak apakah ada pengaruh terhadap material yang ada di unit glycol reboiler terutama tapa tubenya ( proses perpindahan panas pada Tube ) glycol reboiler. Saya pernah terpikir dengan adanya kondensat pada glycol reboiler ini dapat menyebabkan perpindahan panas yang tidak merata pada tube sehingga bisa terjadio hotspot dan dengan adanya hotspot dapat menyebabkan blendung pada material tube reboiler. apakah bener ini pak ?

Trus pak kalo dapat menyebabkan kebutuhan fuel gas yang banyak, trus kita punya banyak cadangan gas, dan kalo kita berpikiran kebutuhan maintenanca carbon filter lebih besar biayanya maka saya tidk memasang carbon filter pada bagian upstrem glycol reboiler sehingga hanya menaikkan jumlah fuel gas aja sebagai bahan bakar glycol reboliler bagaimana pak ?

Tanggapan selengkapnya dari rekan-rekan Mailing List Migas Indonesia Bulan September 2007 ini dapat dilihat dalan file berikut ini :