Kegiatan standarisasi di Ditjen MIGAS tentang SNI (merumuskan dan menyelenggarakan Forum Konsensus) dan ISO (menanggapi dan voting) yang berkaitan dengan ‘Material dan Peralatan MIGAS dan Struktur Anjungan Lepas Pantai’ (Komite Teknis 67S) dan ‘Mutu produk MIGAS’ (Komite Teknis 28S) masih tetap berlangsung.

Tanya – Don Kuple

Salam Sejawat,

Dear Milister,

Pagi tadi, sempat saya ikut meeting di Dirjend Migas Plaza Centris tentang regulasi keteknikan dengan beberapa agenda yaitu Pemberlakuan SNI di lapangan gas , dan kebanyakan membahas masalah ANSI/ASME B31.8 dan ANSI/ASME B31.3 yang ternyata akan diadopsi oleh BSN untuk dijabarkan, modifikasi,ubah sadur jadi SNI 13-3473-2002, SNI 13-3473-2002 dan akan dikuatkan pemakaiannya di sektor MIGAS (bisa dikatakan ada ‘Law Enforcement’) dan sangsi dari dicabut izin sampai pidana….adakah dari rekan-rekan yang lebih tahu ?

Mohon Penjelasannya..

Terima kasih.

Tanggapan 1 – Indra Prasetyo@medcoenergi

Memang betul saat ini kita sedang merumuskan SNI dengan mengadopsi standard2 spt API, ASME, ISO, dll, kebetulan saya salah satu anggota tim komisi teknis perumus SNI tsb (TC 67 – SC 2: Pipeline Transportation System).

Tanggapan 2 – Don Kuple

Pak Indra,

Maaf kalo saya agak bingung, adopsi atau modifikasi?pikiran saya kalau adopsi tinggal ‘copy & paste’ sedangkan modifikasi lebih disesuaikan ‘kesesuaian’ kita terhadap standard tersebut..mohon penjelasannya.

Tanggapan 3 – Indra Prasetyo @medcoenergi

Kalau kita di komtek menggunakan kata ‘adopsi’, mungkin lebih tepatnya ‘diterjemahkan’, dengan sedikit penyesuaian disana-sini. misalnya SNI 13-3472-1994 ‘Pengelasan pipa penyalur dan fasilitas terkait’ diadopsi dari API RP 1104 ed.1994 ‘welding of pipelines and related facilities’.

Tadinya kita punya rencana mau minta link/share folder di website migas indonesia agar SNI yg sedang dikerjakan atau yg sudah siap bisa diakses oleh anggota komtek dan oleh masyarakat, tapi sayangnya website migas tidak punya fasilitas share folder.

Tanggapan selengkapnya dari rekan-rekan Mailing List Migas Indonesia pembahasan bulan September 2007 ini dapat dilihat dalam file berikut: