Select Page

Jika dalam satu jalur pipa gas, diletakkan 2 (dua) orifice seri, maka berapa % error (deviasi) selisih bacaan dari ke dua orifice tersebut yang bisa di toleransi….? Standard internasional apa yang mengatur hal ini…?

Tanya – Novi Ariharnomo @kpa

Dear rekans,

Mohon pencerahannya,

Jika dalam satu jalur pipa gas, diletakkan 2 (dua) orifice seri.

p>1. Maka berapa % error (deviasi) selisih bacaan dari ke dua orifice tersebut yang bisa di toleransi….?

2. Standard internasional apa yang mengatur hal ini…?
Terima kasih.

Tanggapan 1 – Weby

Pak,

Saya tidak bisa menjawab pertanyaan ini. Malah yang ada saya balik bertanya: bagaimana ceritanya kok dalam pengukuran sampai perlu diletakkan dua orifice dalam keadaan seri? saya tidak familiar dengan pemasangan orifice yang seri ini. Mohon penjelasannya.

Tanggapan 2 – Wisnu Purwanto

Salah satu contoh:

Custody transfer meter di pihak penjual dan check meter di pihak pembeli.
Namun di GSA biasanya check meter nggak masuk hitungan.

Untuk meter type yang lain – misalnya USM atau turbine meter, bisa berupa Z configuration dimana 2 meter run paralel dilengkapi cross-over line. Kalau cross over line dibuka maka kedua stream beroperasi secara seri. Konfigurasi ini tidak cocok untuk orifice metering system.
Perlu dicatat, fungsi dari operasi secara seri untuk validasi / check saja – bukan untuk calibration atau master metering. Secara official tidak ada istilah master meter untuk gas metering di standard apapun.

Tanggapan 3 – Miftachul Munir

Utk keperluan validasi seyogyanya salah satu akurasinya lebih baik dar yg lainnya sebagai referensi.

Saya kirimkan saja gambar reference gas meter di TCC (trans Canada Calibration) dan CEESI (Colorado engineering experiment Inc.). CEESI menggunakna Turbin gas meter, kelas: gold sbg reference meter dipakai utk kalibrasi gas meter (ultrasonic, turbin, orifice). Schematic, data lainnya mohon maaf belum bisa di share karena mgkn perlu ijin. Silahkan akses ke web masing2 http://www.ceesi.com/facilities.aspx#iowa dan http://www.tccalibrations.com/ .

p>Lembaga2 ini juga menggunakan reffference meter bisa diakses webnya. SwRI (southwest reseach institute), NMI, Pigsar, NEL.

Pak Novi mgkn bisa kasih info alasan mau install seri 2 meter?

Tanggapan selengkapnya :

Share This