Peralatan Vibration Monitoring yang dipasang pada peralatan machinery vital (compressor, blower dll)umumnya terdiri dari : 1. Probe : sensor / detector perubahan jarak (displacement) ; 2. Extension Cable : Penghubung probe dan proximitor ; 3. Proximitor : Transducer perubahan jarak menjadi voltage ; 4. Monitor : menampilkan hasil pengukuran vibrasi serta memberikan alarm dan shotdown signal. Semua peralatan di atas umumnya diletakkan di field. dengan clasification area Class I Div.2. bahkan ada juga yang diletakkan di Class I Div. 1.

Tanya – Machmud Riyadh

All,

Mohon informasi mengenai Vibration Monitoring System. Apakah ada Vibration Monitoring System (transmitternya) yg diletakkan di hazardous area alias Class I Div 2? Maksud saya yg default designnya di Class I Div 2? Terima kasih sebelumnya.

Tanggapan 1 – samuel parura

Peralatan Vibration Monitoring yang dipasang pada peralatan machinery vital (compressor, blower dll)umumnya terdiri dari :

1. Probe : sensor / detector perubahan jarak (displacement)

2. Extension Cable : Penghubung probe dan proximitor.

3. Proximitor : Transducer perubahan jarak menjadi voltage.

4. Monitor : menampilkan hasil pengukuran vibrasi serta memberikan alarm dan shotdown signal.

Semua peralatan di atas umumnya diletakkan di field. dengan clasification area Class I Div.2. bahkan ada juga yang diletakkan di Class I Div. 1.

Tanggapan 2 – alex gmail

Dear Pak Machmud,

Tentu saja ada pak.

Sertifikasi dari NEC, CSA maupun IEC.

Tanggapan 3 – Machmud Riyadh

Pak Samuel,

Saya ingin confirmasi informasinya. Untuk Probe, extension cable, dan proximitor memang benar diletakkan di Class I Div 2. Tapi apakah untuk monitornya juga? Jadi diletakkan di local panel, begitu?

Tanggapan 4 – Arief Rahman Thanura

Pak Machmud,

Untuk Solar yang menggunakan Bentley Nevada, misalnya saat ini common approach adalah menggunakan Intrinsically Safe circuit Vibration Monitor dan diletakkan di dalam skid. Dengan begitu Probe, extension wire, Proximitor bisa diletakkan di field (Normalnya untuk Compressor proximitor diletakkan di NEMA-4X junction box).

Peletakan di field sangat beneficial karena lebih ngirit cable, mengurangi voltage drop, dsb-dsb.

Untuk compressor system, kalau I/O card dan monitor seperti punya bently Nevada normally-nya ditaruh di Control panel selain karena sizenya yang cukup besar, untuk memudahkan operator memonitor keseluruhan system sehingga untuk monitor compressor tidak perlu bolak-balik, tapi yang terpenting adalah karena dia tidak meet Class I Div-2.

Sampai saat saya terakhir memasang, I/O dari Bentley masih tidak comply dengan Class I Div-2 sehingga pada saat itu ditambah purge untuk mengurangi hazardous area menjadi Non hazardous. Nggak tahu sekarang.

Berbeda dari Bently, Entek dari Rockwell I/O cardnya sudah compatible dengan class I Div 2 (Non Incendive) sehingga bisa diletakkan di field (Dalam skid) tergantung pada maunya Pak Machmud.

Begitu yang saya tahu, kalau ada salah atau informasi saya sudah tidak update ya mohon dimaafkan.

Tanggapan 5 – restoto pramuharjo

Pak Arief,

Mau minta konfirmasi aja..
Apa betul vibration signal itu perlu IS?

Tanggapan 6 – Arief Rahman Thanura

Tidak harus pak, tapi kalau untuk di install di dalam skid vendor lebih suka yang safest. Makanya kecenderungan-nya install IS. Ada banyak yang tidak pakai IS, ya jadinya harus pakai Exposion Proof yang secara umum memang lebih mahal dan installation-nya akan lebih ribet daripada IS untuk kasus kalau dipasang di skid. Di skid compressor yang lama biasanya belum IS.

IS juga jadi preference karena kalau Explosion proof kalau maintenance (buka box-nya) maka power harus di off-kan. Ini yang sering dilanggar sama user sehingga IS adalah solusi terbaik dalam kasus ini. Thanks.

Tanggapan 7 – alex gmail

Pak Restoto,

Pada prinsipnya signal yang dikirim ke lapangan (menuju probe driver/proximitor) itu salah satu signalnya adalah power supply 24VDC.

Dan saya lihat di name plate probe driver memang tertera ‘Intrinsically safe’.

Tanggapan 8 – restoto pramuharjo

Pak Alex,

Jadi probes + extension cable sampai proximitor adalah IS signal gitu??

Apakah ada pilihan untuk vibration signal tsb kalau dirasa gak perlu IS signal?