Dalam mengukur air perlu sounding rod yang panjang dan berat ( sekitar 1 m) agar mampu menembus kotoran tersebut. Kalau hanya sekedar ‘Bob’ (bandulan) Sounding Tape saja, sangat susah menembus kotoran tersebut, karena beratnya tidak seberapa. Untuk menghilangkan kotoran tersebut, kita harus lihat jenis kotorannya dan sistim pengukuran tanki anda.

Tanya – Siswanto Djumadi

SALAM HANGAT……..

Untuk mengukur ada tidaknya air di dasar tangki kondensat biasanya dengan innage method, namun ada timbunan kotoran sekitar 10 cm di atas meja ukur. Jadi jika air dibawah 10 cm tidak terlihat di pasta. Jadi bagaimana solusinya dan bagaimana cara menghilangkan kotoran diatas meja ukur????? MOHON BANTUAN DARI REKAN-RAKAN.
Terimakasih.

Tanggapan 1 – Maison Des Arnoldi

Saya pernah pakai WBS (water buttom sensor) dari SAAB.
Mungkin vendor lain ada, di google aja. Semoga membantu.

Tanggapan 2 – Siswanto Djumadi

Dear, Pak Sumardhani

Sekedar sharing ide saja,

Dalam mengukur air, mungkin anda perlu sounding rod yang panjang dan berat ( sekitar 1 m) agar mampu menembus kotoran tersebut. Kalau hanya sekedar ‘Bob’ (bandulan) Sounding Tape saja, saya pikir sangat susah menembus kotoran tersebut, karena beratnya tidak seberapa.

Untuk menghilangkan kotoran tersebut, kita harus lihat jenis kotorannya dan sistim pengukuran tanki anda.

Kalau kotoran tersebut berupa sedimen, mungkin bisa dihancurkan dengan menumbuknya pakai sonding road yang berat di atas atau dengan kayu panjang, tentunya disesuaikan dengan kedalaman tanki tersebut.

Tapi, kalau kotoran tersebut berupa ‘benda’, misalnya rug (lap) yang terjatuh, tentu perlu pengait yang tepat. Apalagi, bila sistem pengukuran tanki anda memiliki standpipe akan lebih sulit lagi. Yah, terpaksanya diambil kalau nanti rekalibrasi tanki tersebut.

Namun bila memungkinkan, dalam mengukur air (free water) anda bisa menggunakan lubang ukur air yang lain -yang ada di atap (roof) tanki- selain dengan menggunakan Gauge Hatch yang tersumbat tersebut.