Helical heat exchanger disebut juga dengan coaxial heat exchanger / spiral. Dibuat dari material pipe. Setiap Heat exchanger mempunyai keunggulan dan kelemahan masing-masing. Mengenai performance Helical memang baik dari segi surface area tetapi kelemahannya hanya bisa untuk kapasitas kecil. Model seperti ini banyak ditemui pada water chiller dibawah 15kW. Mengenai keunggulan auto flushing atau cleaning, semua Heat Exhanger mempunyai sifat auto flushing / cleaning asalkan semuanya digunakan sesuai dengan design ada yang dengan gaya centrifugal atau dengan turbulence seperti pada Brazed Plate HE dan Gasket Plate HE. Type Helical sebetulnya sudah mulai ditinggalkan bahkan ada kenalan saya yang menggunakan Helical sebagai oil cooler, tiap 3 bulan harus diganti atau flushing sehingga mereka ganti ke model HE yang lain.

Tanya – iva destriana

Mohon info,

Apakah ada rekan2 yg pengalaman dengan helical heat exchanger?

Setahu saya, equipment ini memberikan banyak keuntungan.

Bagaimana dengan performance dan maintenancenya dibandingkan heat exchanger biasa?

Tanggapan 1 – fuad mubaraq

Dear

Type helical heat exchangers baru saya tahu sekarang nih,! apakah sama dengan type spiral HE,? kalo saya tahu hanya beberapa type HE yaitu sheel and tube(tubular), brazed, plate and frame, finned tube .dan saya kebetulan specialis di type plate and frame HE,
thanks atas info terbaru ini,, saya akan cari tahu juga untuk type yang spiral ini.

Tanggapan 2 – A. Rofiudin

Mas Fuad,

Mungkin sama, spiral heat exchanger mempunyai keuntungan yang diunggulkan yaitu bisa auto flushing atau cleaning dengan memanfaatkan gaya centrifugalnya.
Saya pernah ke pabriknya di Osaka. Pertama dibuat kalau gak salah oleh Swedia? dan saya pakai yang kecil dengan material Titanium. Semoga membantu.

Tanggapan 3 – Coki Nasution

Pak Fuad,

Helical heat exchanger disebut juga dengan coaxial heat exchanger / spiral.
Dibuat dari material pipe. Setiap Heat exchanger mempunyai keunggulan dan kelemahan masing-masing. Mengenai performance Helical memang baik dari segi surface area tetapi kelemahannya hanya bisa untuk kapasitas kecil. Model seperti ini banyak ditemui pada water chiller dibawah 15kW. Mengenai keunggulan auto flushing atau cleaning, semua Heat Exhanger mempunyai sifat auto flushing / cleaning asalkan semuanya digunakan sesuai dengan design ada yang dengan gaya centrifugal atau dengan turbulence seperti pada Brazed Plate HE dan Gasket Plate HE.

Type Helical sebetulnya sudah mulai ditinggalkan bahkan ada kenalan saya yang menggunakan Helical sebagai oil cooler, tiap 3 bulan harus diganti atau flushing sehingga mereka ganti ke model HE yang lain.

Tanggapan 4 – hidayat d. amri

Saya pernah makai helical heat exchanger, kalau ingin diskusi,lewat japri aja;
barangnya kalo masih di simpan, mungkin masih ada di lab heat transfer teknik mesin ui.