Kami punya masalah underwater cleaning jacket nya platform dari marine growth selama ini kami pakai waterjet blaster dgn tekanan 12.000 psi tapi gak mempan. Mohon kiranya rekan-rekan milister yang tahu solusinya saya tunggu.terimakasih banyak.

Tanya – endang pujilestari

Dear all milister

Kami punya masalah underwater cleaning jacket nya platform dari marine growth selama ini kami pakai waterjet blaster dgn tekanan 12.000 psi tapi gak mempan. Mohon kiranya rekan-rekan milister yang tahu solusinya saya tunggu.terimakasih banyak..

Tanggapan 1 – Leonardo Hermawan

Puji,

Pernah di coba dengan tekanan yang lebih dari 12.000 Psi ?
Kalau boleh dimana lokasi Plat from nya ?

Tanggapan 2 – asuyanto

Ini intervensi diving atau ROV ? Kalau ROV, jangan harapkan dapat hasil yang bagus.

Kalau saya asumsikan diving, tekanan 12k psi memang masih kerendahan. Kalau cuma pakai water, untuk marine growth yang keras baru efektif kalau kita punya jet blast 15k psi atau lebih.

Udah coba pakai water+grit blast ? Atau kalau tidak terlalu dalam coba pakai air+grit.

NB : Mestinya kalau diving kontraktornya berpengalaman, mereka udah tahu tooling mana yang efektif .

Tanggapan 3 – roeddy setiawan

Dear Pak Endang,

Biasanya Water Blaster cukup effectif buat membersihkan marine growth. kadang kalau iklim nya baik bisa lebih dr 2 inches tebalnya. makin dalam makin kurang marine growth nya. biasanya di -60 ft sudah minimal sekali. Yang keras dan tebal biasanya dekat surface, kalau engak ngelotok ya . saya kira tekanannya kurang besar , memang ngak mungkin bersih banget seperti baru di load out, kan intentionnya agar drag karena current / wave balik seperti design kriterianya., yang penting diameternya kembali ditempat tertentu karena acces nya susah diver memang harus membersihkan nya secara manual.

Diving contractor yang pengalaman, biasanya suggest harus ada ini dan itu untuk kelengkapan tooling, saya kurang faham bagaimana minimum tooling yg diminta pd saat diving contractor ini di award, tapi kalau memang tidak ada water blaster yg besar, saya kira prudent kalau bapak menambah tooling yang cocok buat area yang anda bersihkan.

Tanggapan 4 – rdanisworo1@mmm.com

Beberapa tahun lalu saya pernah jual abrasive untuk underwater cleaning service company.

Masalahnya saya harus check dulu , siapa service companynya , bisa nggak ngerjain di kedalaman yang diinginkan, abrasivenya ( Surface conditioning ) masih dijual nggak.