Ada beberapa lembaga yang mengadakan training semacam ini, umumnya yang berkaitan dengan dunia maritime misalnya badan2 klasifikasi (BKI, LR, DNV). Untuk yang diadakan oleh BKI ada beberapa training yang berkaitan misal : ISM Code (Awareness and Auditor), marine surveyor (2 weeks training), DNV juga mengadakan Superintendent Course (5 Days Training), DisHubla mengadakan Port State Control Inspector (2 Weeks Training) dan beberapa training lainnya oleh badan2 klasifikasi lain.

Tanya – ferry sonnevil

>Dear all,

>Saya sedang menekuni marine safety (vessel, barge),kira-kira training apa yang cocok untuk pemula, dan mungkin ada yang tahu provider mana yang menyelenggarakan training tersebut, terima kasih atas sumbang sarannya..

Tanggapan 1 – BGP.HSESupv@petrochina

Mas Ferry, salah satu persyaratan utama untuk dapat ke offshore facilities adalah sertifikat Sea Survival, klo transportasinya menggunakan helikopter maka ditambahkan dengan HUET. Mas Ferry bisa kontak ke Samson Tiara yang menyelenggarakan training T-BOSIET.
Training ini mencakup:

Safety Induction

Fire Fighting & Self Rescue

Sea Survival

Helicopter Safety & Escape (HUET)

First Aid & Hypothermia

Semoga bisa membantu

Tanggapan 2 – ferry sonnevil

Terima kasih pak,

Tapi maksud saya, apakah ada training yang untuk inspeksi kapal, barge, dll beserta perangkat yang ada didalamnya.mungkin yang refer kepada IMCA, SOLAS, IMO etc CMIIW….terima kasih.

Tanggapan 3 – krishna_wijayadi

Kalau ini namanya kursus marine surveyor pak? bisa ikut kursus di badan klasifikasi, referensinya lebih cenderung kepada rules klas yang bersangkutan. Untuk kursus di BKI jadual yang akan datang kira-kira tanggal 10-14 Desember 2007 tempat di Puncak/Cisarua, dengan biaya sekitar 7 juta.Bisa menghubungi :

Unit Konsultansi & Supervisi cq Bagian Pelatihan

PT. Biro Klasifikasi Indonesia (Persero)

Jl. Yos Sudarso 38 – 40 Jakarta

Telp : 62-21-43912070 or 62-21-4301017 ext : 3204

dengan pak alim saadi/toni

Email : alim@klasifikasiindonesia.com.

atau klik

www.klasifikasiindonesia.com

Tanggapan 4 – Riko Butar Butar

Mas Ferry,

Untuk training tsb bisa mengikuti Marine Surveyor Course, yang mungkin badan klasifikasi kapal baik BKI atau IACS maupun lembaga2 marine training lainnya adakan bisa kontak ke masing2 lembaga tsb di div trainingnya. Kalau mau nanya2 tentang bagaimana inspeksi/survey kapal atau safety di kapal boleh japri ke saya.

Tanggapan 5 – Yudhi Burhan

Ada beberapa lembaga yang mengadakan training semacam ini, umumnya yg berkaitan dengan dunia maritime misalnya badan2 klasifikasi (BKI, LR, DNV). Untuk yg diadakan oleh BKI ada bbrp training yg berkaitan mis : ISM Code (Awareness and Auditor), marine surveyor (2 weeks training), DNV juga mengadakan Superintendent Course (5 Days Training), DisHubla mengadakan Port State Control Inspector (2 Weeks Training) dan beberapa training lainnya oleh badan2 klasifikasi lain. Silahkan contact ke lembaga masing2. Kalau tidak salah nomor yg bisa di hub sbb : (mudah2an belum berubah).

1. BKI (Hub Jasa INKOMAR) Telp : 021 430 1017

2. DNV (Marine Dept) Telp : 021 252 6233

3. DitHubla : Gedung Perhubungan, Jl Medan Merdeka Barat Lt 12.

4. LR Telp : 021 5760 884

5. BV Telp : 021 521 0393

Selamat mencoba dan semoga sukses berkarir di dunia safety, khususnya untuk marine safety.

Tanggapan 6 – decky antoni

Kalau mau jalan-jalan ke Batam, di sini ada kursus atau training yang juga di bidang marine dan welding silahkan buka di web site-nya www.ikbalmyos.com