Saat ini kami sedang membangun pengolahan WWTP, dimana influentnya dari kotoran sapi dan dimasukkan kedalam pond yang tertutup, setelah melalui proses bakteria maka wwtp tersebut menghasilkan biogas (CH4 + CO2). Project ini berhubungan dengan global warming dimana wwtp ini menangkap methane yang selama ini terbuang ke angkasa. Hasil dari biogas tersebut di flare saja dan ada rencana untuk menjadi electricity. Pertanyaannya, adakah aturan hazardous zone untuk project ini? Jika ada mohon ditunjukan aturannya yang mana.

Tanya – Joe Tampubolon

Dear all saya mau nanya,

Saat ini kami sedang membangun pengolahan WWTP, dimana influentnya dari kotoran sapi dan dimasukkan kedalam pond yang tertutup, setelah melalui proses bakteria maka wwtp tersebut menghasilkan biogas (CH4 + CO2).

Project ini berhubungan dengan global warming dimana wwtp ini menangkap methane yang selama ini terbuang ke angkasa.

Hasil dari biogas tersebut di flare saja dan ada rencana untuk menjadi electricity.

Pertanyaan saya, adakah aturan hazardous zone untuk project ini?
Jika ada mohon ditunjukan aturannya yang mana. Dan sebagai catatan bahwa project ini berlokasi di dalam area peternakan sapi tersebut. Terima kasih atas pencerahan kawan2 milis.

Tanggapan – roeddy setiawan

Dear Pak Joe,

Yang saya tangkap dari keterangan bapak, tentunya reaktor /fermenter adalah unit yang menghasilhan combustible gas yaitu methane.

Saya membayangkan reactor tersebut di seal (liquid seal) dengan baik di tempat pemasukan umpan/feed. combustible gas tidak mungkin mengalir ke tempat pemasukan feed.

System yang lain, tentunya pepipaan dari puncak reaktor sampai ke flare.

Reaktor tersebut berada di area terbuka well ventilated.

Dari asumsi yang saja pakai pak Joe, maka zoning reaktor sd ke flare nya masuk ke Zone 2, explosives gas atmosphere not likely to occur in normal operation, kalau pun ada hanya dlm waktu yang singkat kurang dari 10 jam/tahun.

Gas anda berupa methan jadi lebih ringan dari udara, dan berada di well ventilated /open air. kalau tidak salah distance dr Zone 2 ke non clasified 4 meter.

Mudah mudahan benar, tapi nanti pasti banyak rekan lain membetulkan. kalau interest dengan reference.berikut beberapa reference yang bisa bapak lihat API rp 500, IP part 15, 1990.; NFPA; NEC handbook.; clasification hazardous location, by E cox 1990.