Select Page

Nama2 PCV, LCV, FCV (flow control valve), TCV (temperature control valve), dll adalah penamaan control valve/katup kendali berdasarkan fungsinya. Tipe valve sendiri ada bermacam2 seperti globe, butterfly, gate, ball, dll.

Tanya – febi_nugraha

Rekan2 milis migas

Mau tanya tentang tipe control valve (PCV, LCV, ada yg lain? Setahu saya cuma itu…). Khususnya LCV, pada set point instrumentasi nya terdapat parameter ‘raise level’ dan ‘PB’ (proportional band), bagaimana safety procedure operasinya? juga tipe2 control valve lainnya
Thanks

Tanggapan 1 – Weby

Dear Febi Nugraha,

Sebenarnya nama2 PCV, LCV, FCV (flow control valve), TCV (temperature control valve), dll adalah penamaan control valve/katup kendali berdasarkan fungsinya. Tipe valve sendiri ada bermacam2 seperti globe, butterfly, gate, ball, dll.

Sebagai permulaan (dan tentunya yg mudah diakses), coba anda kunjungi website berikut:

http://www.cheresources.com/valvezz.shtml

Kemudian anda bisa melangkah ke penjelasan valve yg lebih detail pada buku-buku ataupun standar internasional. Semoga membantu.

Tanggapan 2 – Arief Rahman Thanura

Hanya ingin share mengenai Level Controller, betul bahwa di beberapa Level controller yang ada hanya fasilitas ‘Set Point’ dan ‘PB’ karena untuk kasus level control yang diperlukan mostly adalah proportional band action. Ini karena offset level di kebanyakan operasi industri (terutama di Oil & Gas) tidak terlalu mengganggu proses. Selain itu, Integral dan derivative malah bisa membuat un-stable control system. Integral tidak bagus karena level adalah INTEGRAL process sehingga sebisa mungkin diusahakan agar tidak rely on Integral untuk mengurangi offset. Pengurangan offset biasanya dilakukan dengan memperbesar GAIN (Memperkecil PB). Semoga berguna.

Share This