Select Page

Dew point adalah titik dimana mulai terbentuknya liquid dari kondisi uap. Dengan kata lain kondisi fluida masih dalam fasa gas atau vapor fraction sama dengan 1 atau mungkin 0.9999dst. Memang hasilnya akan sama apakah kita input 1 atau 0, namun metodanya tidak menggambarkan proses yang terjadi sesungguhnya. Dalam diagram fasa terlihat bahwa temperatur didih berimpit dengan dew point pada pressure yang sama, yang membedakan adalah nilai enthalpinya. Mungkin vapor fraction 0 lebih menunjukkan kondisi titik didih (bubble point) dibanding dew point.

Tanya – efran trg

Rekan-rekan migas,

Mohon bantuannya,

Bagaimana menghitung dew point dari gas, jika komposisi gas nya sudah diketahui. Apakah ada yang memiliki spreadsheet nya? Terimakasih.

Tanggapan 1 – subhan malik

Saya pernah FAT Conoco Philips Indonesia pake HCDP Ametek (HydroCarbonDewPoint) untuk GC C9+. Disitu ada rumusan mementukan dewpoint pada tekanan tertentu. Saya lampirkan spreadsheet nya pak, mungkin bisa membantu.

Tanggapan 2 – Moh Darwis

Pak Efran,

Misalkan komposisi gas anda adalah y1, y2 dan ….. yn dan pressure P.

Anda bisa menggunakan persamaan :

Sigma xi = Sigma (yi/Ki)

Temperaturenya kita try sehingga sigma xi = 1.

Adapun nilai Ki dapat diambil dari buku thermodynamic. Biasanya Ki = f(Ti,Pi)

Atau bisa menggunakan Hysys. Bapak bisa masukan komposisi dan pressure yang telah diketahui ke dalam stream material. Isi vapor fraction stream tsb dengan 0. Ini menunjukan bakwa vapor tsb dalam keadaan jenuh. Maka temperature akan terhitung dengan sendirinya.

Okay semoga membantu.

Tanggapan 3 – rachmats77

Just curious dengan cara penentuan dew point menggunakan HYSYS, dimana setelah kita masukkan komposisi gas kemudian set vapor fraction pada angka 0 maka (hopla) temperatur yang muncul adalah dew point fluida tersebut.

Sepanjang yang saya tahu dew point adalah titik dimana mulai terbentuknya liquid dari kondisi uap. Dengan kata lain kondisi fluida masih dalam fasa gas atau vapor fraction sama dengan 1 atau mungkin 0.9999dst.

Memang hasilnya akan sama apakah kita input 1 atau 0, namun metodanya tidak menggambarkan proses yang terjadi sesungguhnya. Dalam diagram fasa terlihat bahwa temperatur didih berimpit dengan dew point pada pressure yang sama, yang membedakan adalah nilai enthalpinya. Mungkin vapor fraction 0 lebih menunjukkan kondisi titik didih (bubble point) dibanding dew point.

CMIIW yach rekan-rekan.

Share This