Select Page

Untuk keperluan mengukur level minyak di 5 tangki timbun, saya terpikir untuk memasang sistem ATG saja. Kira2 apa yang mesti dipersiapkan untuk instalasi sistem ATG, padahal kelima tangki dan pembangunannya tidak didisain/terpikir untuk menggunakan sistem ini. Apa perlu melakukan perubahan fisik dll? Kira2 berapa budget untuk sebuah sistem ATG yang baik?

Tanya – Rizqy Syarief

Untuk keperluan mengukur level minyak di 5 tangki timbun, saya terpikir untuk memasang sistem ATG saja. Kira2 apa yang mesti dipersiapkan untuk instalasi sistem ATG, padahal kelima tangki dan pembangunannya tidak didisain/terpikir untuk menggunakan sistem ini. Apa perlu melakukan perubahan fisik dll? Kira2 berapa budget untuk sebuah sistem ATG yang baik? Terima kasih.

Tanggapan 1 – Wisnu Purwanto

Sebelum menjawab lebih lanjut – maka perlu diketahui dulu apa tujuan anda untuk mengukur level.

Kalau untuk sekedar monitoring level, maka banyak pilihan dari yang simple pakai float atau hydrostatic sampai yang canggih misalnya dengan Radar system.

Nah kalau untuk custody transfer, maka perlu dibicarakan dengan pihak penjual/pembeli serta dicheck lebih lanjut ke Dimet dan Migas system apa yang diapprove untuk keperluan tersebut. Seingat saya, ATG untuk custody transfer hanya untuk back-up dan atau existing system yang tidak memiliki meter.

Disamping itu tankinya sendiri harus dikalibrasi untuk memperoleh strapping table untuk digunakan pd pengukuran volume. Pakai radar ataupun servogauge yang paling akurat sekalipun tidak banyak bermanfaat kalau bentuk tangkinya nggak karuan.

Pemasangan bisa dilakukan di manhole ataupun spare nozzle kalau ada. Kalau nggak ada ya musti dibikinin.

Masalah budget, diluar biaya installasi, kalibrasi dan modifikasi – untuk 5 tangki fixed roof biayanya bervariasi dari sekitar $25,000 s/d $200,000 an tergantung type yang dipilih.

Tanggapan 2 – Rizqy Syarief

Koq, relatif mahal ya harga sistemnya? Yang saya inginkan hanya untuk monitoring kapasitas/volume tangki saja, seperti penunjuk isi tangki bensin di mobil itu, mas. Jadi saya tahu kira-kira saat isinya hampir habis.

Tentu saja saya akan ke instansi terkait untuk kalibrasi atau tera tangki-tangki saya…

Saya search ke beberapa perguruan tinggi, ada beberapa skripsi/proyek ilmiah yang saya temukan membahas tentang sistem monitoring ini. Sayang saya tidak memiliki akses untuk membacanya atau tidak menemukan kontak person yang bisa dihubungi.

Jika proyek2 tersebut bisa diaplikasikan, tentu dengan harga yang lebih murah saya rasa sangat banyak manfaatnya baik bagi mahasiswa sendiri untuk mendapatkan dana proyek penelitiannya, juga bagi pengguna akhir yang mendapatkan sistem yang baik dengan ‘harga mahasiswa’ ;-).

Tanggapan 3 – Wisnu Purwanto

Pak Rizki, peralatan untuk migas memang tidak murah; banyak factor – antara lain safety dan reliability – yang sedemikian ketat; namun dapat dipahami karena kita bekerja diindustri yang memiliki potensi hazard tinggi dengan asset capital bernilai jutaan $$ serta asset manusia yang tidak ternilai.

Peralatan2 tsb telah melewati proses yang sangat panjang, mulai dari R&D, prototype, lab. testing, field trial, approval dari berbagai macam instutisi baik internasional maupun local sebelum layak dipasarkan dan diterima di AML (approved manufacturer list) suatu perusahaan ; belum lagi misalnya jika terjadi design defect dimana product tersebut harus ditarik.

Saya sependapat, dari aspek teknik semata tidak susah untuk membuat peralatan / instrument. Saya tidak meragukan mereka bisa membuat system yang sama baik atau bahkan lebih baik secara fungsional. Namun untuk dapat dipasang tentunya sejumlah persyaratan terutama yang menyangkut safety harus dipenuhi dahulu. Dan ini tidak mudah dan tidak murah; serta melewati proses yang panjang.

Saya sangat mendukung sekali jika ada perusahaan yang mau sponsor mendukung adik2 mahasisiwa mendevelop suatu produk untuk migas.

UGM, UI, ITB, ITS, dll tinggal dikontak dan akan menyambut dengan senang hati. Cuma jangan berharap terlalu banyak akan hasilnya langsung jadi dalam waktu singkat, langsung bias dipakai dan biayanya lebih murah dari yang “well proven”.

Share This