Select Page

Kami memerlukan info dan sharing pengalaman dari rekan-rekan yang pernah mempergunakan fuel gas untuk turbine generators dengan konsentrasi H2S sekitar 3% di offshore platform. Karena sebagian manufacture menyatakan bahwa 3% H2S masih bisa di tolerance oleh equipments mereka. Bagaimana dengan reliability-nya khususnya mengenai problem korosi? Bagaimana dengan air quality, apakah ada treatment khusus? dan juga sharing pengalaman mengenai fuel gas treatment untuk menurunkan kadar H2S di fuel gas tersebut.(terutama dengan membrane technology).

Tanya – Mochammad Assegaf

All,

Kami memerlukan info dan sharing pengalaman dari rekan-rekan yang pernah mempergunakan fuel gas untuk turbine generators dengan konsentrasi H2S sekitar 3% di offshore platform. Karena sebagian manufacture menyatakan bahwa 3% H2S masih bisa di tolerance oleh equipments mereka.

Bagaimana dengan reliability-nya khususnya mengenai problem korosi? Bagaimana dengan air quality, apakah ada treatment khusus? dan juga sharing pengalaman mengenai fuel gas treatment untuk menurunkan kadar H2S di fuel gas tersebut.(terutama dengan membrane technology).Tanggapan – roeddy setiawan

Dear Pak Asegaf,

Menurut pendapat saya h2s itu harus secara total dihilangkan, bisa secar kimia , membrane atu physical solvent. , keperluan buat fuel kan tidaklah besar jadi investement buat itu ngak seberapa. daerah combustor dan power tubine nya sudah pasti life time nya jadi pendek. entah coating dr power train di kikis h2s sehingga lambat laun engine nya makin panas jadi toping terus. turbine blade power drive juga jadi geripis, sehingga horse powernya turun drastid.

Itu 3 persen h2s itu besar sekali .maximum permisible level, exposure terhadap H2S hanya 20 ppm saja. ingat saya 15o ppm fatal. kan pengoperasian turbin itu tidaklah selalu lancar, misal nya versa valve jam, harus dibongkar padahal fuelnya liwat situ. begitu jga kalau teman maintenance mau periksa combustor atau ganti busi atau ganti filter, atau melakukan seting mfac, pasti akan ada exposure .

Share This