Prinsip kerja boiler sama seperti kita masak air minum dimana kita membutuhkan (air bersih, api, wajan), dalam hal boiler kita menginginkan uap yang bertekanan, sederhananya pada mulanya air dari sumber (sungai,danau,dll) diolah dulu dalam unit water treatment, kemudian dipompakan sedikit diatas tekanan uap yang diinginkan, dan setelah itu baru dimasukan ke dapur/ruang bakar sampai terjadi uap jenuh, kemudian uap jenuh di tsb dimasukan lagi keruang bakar (superhater) sehingga di dapat uap panas lanjut (superheated vapor), dan setelah itu uap tsbt bisa digunakan untuk penggerak pesawat pengguna (turbin, dll), dan terjadi penurunan tekanan pd uap air, kemudian dilewatkan ke condensor untuk menurunkan temperatur klo kita mo mensirkulasi air tsb.

Tanya – riries rulaningtyas

Bagaimanakah prinsip kerja boiler?

Saya ingin mengambil Tugas Akhir mengenai boiler, bagian boiler apakah yg bisa saya jadikan judul TA. Trims sblmnya.

Tanggapan 1 – Budi.arman@ikpt

Mbak Riries,

Banyak sih artikel/literature di google tentang boiler,, cari kata kunci ‘ steam generator ‘, klo prinsip kerja boiler sama aja seperti kita masak air minum dimana kita membutuhkan (air bersih, api, wajan), dalam hal boiler kita menginginkan uap yang bertekanan, sederhananya pada mulanya air dari sumber (sungai,danau,dll) diolah dulu dalam unit water treatment, kemudian dipompakan sedikit diatas tekanan uap yang diinginkan, dan setelah itu baru dimasukan ke dapur/ruang bakar sampai terjadi uap jenuh, kemudian uap jenuh di tsb dimasukan lagi keruang bakar (superhater) sehingga di dapat uap panas lanjut (superheated vapor), dan setelah itu uap tsbt bisa digunakan untuk penggerak pesawat pengguna (turbin, dll), dan terjadi penurunan tekanan pd uap air, kemudian dilewatkan ke condensor untuk menurunkan temperatur klo kita mo mensirkulasi air tsb..

Secara sederhana bisa dilihat karakternya pada diagram Pressure-Temperature untuk air.

Jadi hal yang perlu diperhatikan secara teknis sebelum mbak riries merancang boiler adalah :

– boilernya digunakan buat apa?

– tentukan kapasitas uap (ton/hours), temperature uap, dan pressure nya

– bahan bakar yang digunakan

Dari data tsb diatas bisa ditentukan mana yang lebih praktis apakah type boiler pipa2 air (water tube) atau pipa2 api (fire tube). dst…

Kalau mau ngambil bagian apa dari boiler yang mau di ambil jdl TA, terlalu banyak,, tergantung dari mbak riries

– basic ilmunya apa (metalurgi/konversi/dll klo teknik mesin, marketing/branded klo ekonomi 🙂

– data, refrensi, fasilitas yang dimiliki

– dosen pembimbing nya

– dll

Tanggapan 2 – Murdin, Baso (PTI – SOR)

Mbak Riries,

Yang dikatakan pak Budi itu adalah benar adalah benar, Satu yang terpenting adalah jika boiler itu digunakan untuk Pembangkit listrik tenaga uap maka mbak harus memahami siklus rankine. Dengan memahami siklus tersebut akan dapat menentunkan efisiensi dari boiler yang mbak analisa.

Oh yaa, kalo boleh tau TA yang dibuat adalah analisys atau perancangan.? Kalau analisys sebaiknya dibuat batasan masalah karena kalau dalam boiler itu sendiri sangat complex mulai dari Air umpan, Boiler itu sendiri sampai dengan System auxiliarynya.