Peraturannya (dari ASDP = Angkutan Sunga Darat dan Pulau) barang berbahaya yang mudah meledak tidak boleh diseberangkan terutama dengan menggunakan Ferry yang juga mengangkut manusia/barang umum. Masih ingat kasus Levina yang terbakar di Kep Seribu krn mengangkut Truck bermuatan Chemical yang seharusnya tidak boleh disatukan.

Tanya – Adv-Mail-Maint_G Senta Rinja Group

Mungkin ada rekan-rekan yang dapat memberikan informasi seperti yang dibutuhkan rekan saya di bawah ini.
Terima Kasih.

Mohon bantuan rekan2 kalau ada yang tahu regulasi untuk pengiriman gas, khususnya Hidrogen.
Saya perlu mengirim gas H2, O2 dan N2 ke Riau, tapi katanya untuk H2 ( Hidrogen ) tidak diperbolehkan untuk naik ke kapal karena ‘Flamable’ ( F+), hazardous code 21; UN code 1049.
Mungkin diantara rekan2 ada yang tahu solusinya, atau tahu persis peraturannya?
Mohon pencerahannya.
Terima kasih sebelumnya atas bantuannya.

Tanggapan 1 – hesti suwaryani

Pak Ady,

Salam kenal dari Pekanbaru….

Mohon maaf kalau kurang berkenan…

Saya hanya ingin memberikan informasi kalau di Pekanbaru ada Pabrik/Produsen gas industri, yaitu PT. Aneka Gas Industri, lokasinya di Jl. Raya-Pangkalan Baru KM 6.5 Desa Baru, Kecamatan Siak Hulu. Telp. 0761-7072015, HP. 0813 656 92596 (Novrizal / Sales Engineer)
Setahu saya mereka memproduksi O2, N2 juga ada H2.

Tanggapan 2 – Herry Putranto@cendrawasih

Pak Harjono, Pak Ady

Memang betul peraturannya (dari ASDP = Angkutan Sunga Darat dan Pulau) barang berbahaya yang mudah meledak tidak boleh disebrangkan terutama dengan menggunakan Ferry yang juga mengangkut manusia/barang umum. Masih ingat kasus Levina yang terbakar di Kep Seribu krn mengangkut Truck bermuatan Chemical yang seharusnya tidak boleh disatukan.

Namun tetap bisa menyeberang dengan Ferry kusus untuk itu artinya tidak bercampur dengan masyarakat umum (bis, kendaraan pribadi, truk Bahan Makanan). Sebagai contoh saya mengirimkan Truck CNG ke Bali minggu ini untuk mendukung Road Show Energi Bersih dalam rangka pameran di Forum Global Warming di Bali. Izin menyeberang bisa di dapat dari ASDP dengan Ferri yang khusus untuk itu. Jadi tidak ada masalah namun tentu saja biaya Ferry nya jauh lebih mahal dibanding penyeberangan dengan Ferry biasa.