Select Page

Sesuai dengan namanya, H2S removal adalah proses menghilangkan gas H2S. Gas H2S biasanya harus dihilangkan untuk dua alasan utama, pertama karena dapat menyebabkan korosi dan kedua secara ekonomis mengurangi nilai bakar gas (bila gas nya hendak diproses lebih lanjut). Proses penghilangan gas H2S bisa dilakukan secara sederhana dengan injeksi continuous H2S Scavenger (Bahan kimia untuk mengikat H2S), atau yang lebih rumit dengan melewatkan gas H2S pada sebuah plant adsorber. Cara pertama mudah dan lebih murah (bila gas H2S nya relatif dalam jumlah sedikit) sedangkan cara kedua lebih efektif terutama untuk tempat dimana gas H2S nya cukup besar.

Tanya – win ariga

Bapak/ibu yth,

Mohon informasinya seperti apa itu H2S removal. mungkin ada yg memberikan informasi seluk beluk ttg hal tsb.

Tanggapan 1 – adhia natadikarta

Bapak Win,

Yang pernah saya lihat di pabrik ammonia, H2S removal menggunakan fixed bed absorber/catalyst Sponge Iron (FeO) (CMIIW). Stream natural gas yg merupakan hydrogen sources dalam pembuatan ammonia dilewatkan dulu ke dalam sponge iron bed sehingga H2S nya terpisahkan sebelum proses lebih lanjut (CO2 removal, Steam reforming, dst).
H2S + FeO —-> FeS + H2O (CMIIW), mungkin rekan-rekan dari ammonia plant atau dari PT. Rekayasa Industri bisa membantu menambahkan.

Process lain dari H2S removal adalah dgn injecksi chemical (H2S scavenger).

Waktu preliminary plant design (TA kuliah) dulu saya pernah baca H2S removal dgn menggunakan absorben Selexol. Process-nya mirip dgn CO2 removal dgn absorben MDEA/AMDEA, menggunakan colum absorber, hanya berbeda absorbennya saja.

Tanggapan 2 – bonybudiman

As long as I know…

Sesuai dengan namanya, H2S removal adalah proses menghilangkan gas H2S. Gas H2S biasanya harus dihilangkan untuk dua alasan utama, pertama karena dapat menyebabkan korosi dan kedua secara ekonomis mengurangi nilai bakar gas (bila gas nya hendak diproses lebih lanjut). Proses penghilangan gas H2S bisa dilakukan secara sederhana dengan injeksi continuous H2S Scavenger (Bahan kimia untuk mengikat H2S), atau yang lebih rumit dengan melewatkan gas H2S pada sebuah plant adsorber.
Cara pertama mudah dan lebih murah (bila gas H2S nya relatif dalam jumlah sedikit) sedangkan cara kedua lebih efektif terutama untuk tempat dimana gas H2S nya cukup besar.

Jika anda cukup interest saya dapat memberikan beberapa file tentang H2S removal baik dengan cara pertama maupun kedua.

Tanggapan 3 – Kuncoro Adi – AD2@capcx

Pak Bony Budiman Yth:

Menurut saya biar semua milister Migas – Indonesia yang belum paham mengenai proses H2S Removal tahu, sebaiknya kirim saja lewat milis ini.
Terima kasih atas attention nya.

Tanggapan 4 – Erwin Apriandi

Dear Win Ariga,

Menambahkan apa yang sudah pak Bony Budiman jelaskan,

H2S removal adalah process removal H2S dari gas atau minyak, banyak cara yang bisa dilakukan yaitu baik dengan penggunaan H2S scavenger seperti yang pak Budi telah sampaikan, dengan adsorpsi menggunakan padatan, absorbsi dengan menggunakan solvent baik physical ataupun chemical solvent dan cara lain adalah dengan menggunakan membrane separation.

Pemilihan process yang tepat tergantung kepada jumlah kandungan H2S dari gas atau minyak yang akan diolah, dan hasil yang ingin dicapai.

Lebih jelas mengenai hal ini dapat dilihat di beberapa handbook yang membahas mengenai H2S removal, secara singkat dapat dilihat di GPSA databook.

Share This