Select Page

Kalau boleh berbagi tentang pengalaman atau ada referensi dari para anggota milis tentang Crack Tip Opening Displacement test, karena pekerjaan saya ada kaitannya dengan pengujian tersebut.

Tanya – andoko@gunanusa

Dear All anggota milis Ysh,

Kalau boleh berbagi tentang pengalaman atau ada referensi dari para anggota milis tentang Crack Tip Opening Displacement test, karena pekerjaan saya ada kaitannya dengan pengujian tersebut.

Mohon untuk disharing jika ada yg punya referensi atau pengalaman.

Tanggapan 1 – Indera Sadikin

Untuk CTOD Pak Andoko butuh ambil sample dari barang aslinya. Potong sedikit terutama di bagian weld-nya karena bagian itu yang ingin diketahui fracture properties-nya. Potongan dibikin mengikuti bentuk spesimen uji CTOD. Cracknya dibikin dengan bantuan wire cutting biar bisa kecil. Untuk pembebanan tarik butuh hydrolik sistem yang dilengkapi load cell. Setelah itu direkam besarnya bukaan retak dan hubungannya dengan beban. Terakhir rekan saya dari Jepang sudah tidak pakai cara manual lagi untuk ukur tip opening displacementnya. Mereka pakai kamera digital resolusi tinggi. Jadi kesalahan pengukuran bisa diminimalkan. So far sudah sampai tahap mana Pak?

Tanggapan 2 – andoko@gunanusa

Oke pak, mohon maaf sebelumnya, saya kelupaan menjelaskan kalo pengujian sebenarnya sudah dilakukan di DNV, nah kebetulan pihak management pengen mengetahui sebenarnya intinya kenapa mesti ada CTOD, apakah dengan Charpy test (impact-red) saja tidak cukup?. Sebagai catatan, material yg dipersyaratkan untuk di test dg CTOD ini hanya untuk material dengan thickness > 60mm. Nah saya masih agak rancu di bagian tersebut..mohon maaf klo jadi agak panjang.

Tanggapan 3 – Haryo

Maaf kalau saya salah mengerti tapi setahu saya impact test dan CTOD test berbeda tujuan. Charpy test berusaha melihat ketangguhan material terhadap beban kejut (impak). Sementara CTOD test berusaha melihat ketangguhan material terhadap retakan. Ada standar ASTM yang mengatur ini, kalau gak salah ASTM E-399.

Produk keluarannya juga beda: Impak test mencari temperatur kritis dan value impaknya (Jouse atau Joule/mm2) sedang hail dari CTOD test adalah KIc ( MPa.m1/2). Semoga membantu. Sepertinya Oom Google bisa banyak bantu juga…

Tanggapan 4 – Henry Ako

Pak Andoko,

Saya pribadi merekomendasikan membaca DNV RP – F108 ‘Fracture control for pipeline installation’. Penjelasannya sangat jelas pada code ini. Saya kutip beberapa alinea dari code ini.

Guidance note 3:

A material’s fracture resistance is usually described by a single parameter, either K (Stress Intensity Factor), CTOD (Crack Tip Opening Displacement) or the J-integral. It is however known that the stress and strain state at a crack tip is not fully characterized by such a single parameter alone but that the crack tip constraint, i.e. the degree of crack tip stress tri-axiality, will also influence the fracture resistance. Commonly used testing standards, e.g. BS 7448 [14] and ASTM E 1820 [15], describe methods for determining the fracture resistance from deeply notched SENB (Single Edge Notched Bend) or CT (Compact Tension) specimens. These specimens, both predominantly loaded in bending, have high crack tip constraint and will hence give lower bound estimates for the fracture resistance that can be used for conservative fracture assessments for a large range of engineering structures.

Share This