Select Page

Fasilitas kalibrasi di Meteorlogi Bandung dapat dipilih menggunakan master meter (vol), tank (vol) atau berat (mass). Keterbatasan disana adalah fluida yg dipakai air, kerosen dan dissel.

Tanya – Risnawan Eriyana

Dear all,

Saya punya beberapa flow meter untuk filling station BBM. Ada beberapa yang baru saya install dan ada beberapa yang sudah perlu di re-kalibrasi.
Saya punya kesulitan dengan masalah kalibrasi flow meternya. Saya coba ke Metrologi Serang tapi yang bersangkutan tidak punya Master meter, dan hanya menyarankan untuk menggunakan Tanki angkutan yang sudah dikalibrasi. Tapi management saya tidak satify dengan cara seperti itu. Kemudian saya coba kalibrasi ke Metrologi Bandung.. Tapi saya kesulitan sekali untuk mendapatkan waktu dan jadwal dari mereka. Saya sudah arrange dari 2 bulan yang lalu, tapi sampai saat ini belum ada gambaran yang pasti. Adakah yang bisa menolong saya barang kali ada solusi lain. Bisakah kita melakukan kalibrasi oleh BPPT Serpong atau adakah badan lain yang punya otorisasi melakukan kalibrasi ini yah. Barangkali ada yang punya pengalaman yang sama mohon sharing nya.

Tanggapan 2 – Miftachul Munir@chevron

Fasilitas kalibrasi di Meteorlogi Bandung dapat dipilih menggunakan master meter (vol), tank (vol) atau berat (mass). Keterbatasan disana adalah fluida yg dipakai air, kerosen dan dissel. Dan ukuran meternya max..? inc (lupa). Selain fluida diatas kami tidak kalibrasi di sana.

Kalibrasi di sana biasanya (sori saya tulis biasanya, karena sampai sekarang saya belum pernah lihat prosedure baku dr direktorat negara ini) cari tahu kontak person di Meterologi. Trus janjian kapan mau datang dan nego harga :-(. Selesai. Kami dr Balikpapan hanya butuh beberapa hari saja utk menentukan tanggal dg mereka. Coba hubungi seksi: Flow, lenght dan volume.

Tanggapan 3 – Aman Mostavan@tf.itb

Dengan hormat,

Mohon pencerahan, Meteorologi atau Metrologi?
Meteorologi adalah bagian dari BMG, sedangkan Metrologi merupakan direktorat di bawah Perdagangan Dalam Negeri.

Tanggapan 4 – Miftachul Munir@chevron

Maksudnya Metrologi. Terima Kasih koreksinya.

Tanggapan 5 – siswanto Djumadi

Pak Risnawan,

Saya sarankan, barangkali SUCOFINDO SBU MIGAS Jakarta bisa membantu Bapak, karena memiliki jasa kalibrasi di bidang meter.

Bapak bisa menghubungi Pak Tubagus atau Pak Wawan. Tlp. 021-7983666 ext 1567 atau minta bantuan operator untuk disambungkan dengan SBU MIGAS attn. Pak Tubagus (Hp. 08121076201).

Semoga bermanfaat.

Tanggapan 6 – akbarfadilla fadilla

Kepada rekan-rekan dari MIgas saya punya refrensi untuk kalibrasi di Metrologi Bandung dan untuk contac personnya bisa di arrange (lewat jalur khusus ) kalo berminat bisa hubungi saya .

Terimakasih.

Tanggapan 7 – essam amar

Apakah di Meterologi Bandung nggak ada tarif resminya? misal tarip per unit per ukuran untuk metering, juga untuk peralatan instrument yang lain. Selain itu jadwal kalibrasinyanya. mungkin juga untuk rate kalau pekerjaan tersebut dilakukan diluar.

Jadi ada kepastian masalah harga dan durasi pengerjaan kalibrasinya.
Kalau sampai ada jalur khusus, untuk suatu pekerjaan normal, berarti akan ada kompensasi-kompensasi tertentu, yang pasti akan ada yang dirugikan.

Apakah tidak bisa kita mulai mengikutin prosuder yang normal, misalnya ikut antrian yang tertib, apalagi yang mempunyai sistem FIFO (first in first out), kecuali MIMO (multi in multi out) maka bisa diadakan jalur cepat dengan rate yang berbeda tentunya.

Tanggapan 8 – Miftachul Munir@chevron

Tentu ada tarif resmi, murah koq. Klo yg ini saya dulu pernah punya copynya. Sayang sekarang entah kemana. Jadwal kalibrasi setahu saya tidak ada. Sampeyan tinggal datang saja (go show) di Dit Met, katanya begitu. Karena kegitan kalibrasi ada setiap hari.

Dikatakan menurut prosedure kalibrasi selesai dlm waktu 2 minggu. Maksudnya bukan kalibrasinya 2 minggu, tapi klo kita kirim equipment tgl 1 maka equipment dpt diambil kembali setelah 2 minggu. Sedangkan sertifikatnya kadang diambil bersamaan dan kadang di kirim kemudian (1 bln ??). Ini dg catatan kalibrsi berjalan lancar, tidak ada perbaikan atau adjusment equipemnt tsb. Munculnya jalur khusus itu atas tawaran petugas sendiri. Maksimum 3 hari kerja meter dan sertifikat sdh ditangan. Apalagi klo cuma 1-2 meter, 1 hari sdh bablas..blas. Klo saya dr Balikpapan mengirim teknisi nungguin kalibrasi 1 (atau beberapa) meter/equipment selama 2 minggu di Bandung, wah..ya berat.

Tetapi, ada teman dari salah satu BUMN yg menikuti prosedure itu. Mereka memberangkatkan dr Kalimantan 1 orang utk menaruh (istilahnya mendaftarkan) equipment di Bandung. Menginap 1-2 malam-an, trus balik ke Kalimantan. Total enghabiskan 3 hari kerja. Setelah 2 minggu, mereka mengirim lagi satu orang utuk mengambil. Menginap lagi 1-2 malaman di Bandung. Klo kalibrasinya kurang lancar, petugas mengunngu teknisi dr BUMN tsb utuk repair atau adjusment. Menginapnya bisa lebih dari 2 malam. Biasanya teknisi bergiliran mengambil jatah terbang ini.
Bagaimana?

Share This