Produksi rata-rata di lahan minyak Cantarell Mexico akan turun sebanyak 20% tahun ini karena lahan mature, lapor eksekutif Petroleos Mexicanos.

Penulis : Eric Watkins

Produksi rata-rata di lahan minyak Cantarell Mexico akan turun sebanyak 20% tahun ini karena lahan mature, lapor eksekutif Petroleos Mexicanos.

Carlos Morales Gil, direktur Pemex exploration dan production, mengatakan negara memastikan sebaliknya akan turun ketika perusahaan memasang peralatan produksi baru pada lahan. Menteri energi telah mengatakan investasi di Cantarell akan mencapai 5 milyar dolar pada tahun ini.

Morales mengatakan produksi di Cantarell akan berjarak dari 1.2-1.3 million b/d tahun ini, dibandingkan dengan rata-rata 1.5 juta pada tahun 2007.

Menurut jumlah yang dipublikasikan oleh menteri energi, produksi dari Cantarell telah tergelincir sampai 1.27 juta b/d pada Januari, turun 230,000 b/d dari 1.6 juta b/d pada Januari 2007.

Pada quarter ke empat tahun 2007 Pemex mengebor lima sumur development baru di Cantarell dan memperbaiki sembilan sumur utama dan 10 sumur paling kecil. Selama quarter pertama tahun 2008, perusahaan berencana akan melengkapi unit recovery nitrogen pada lahan.

Meskipun penurunan dari Cantarell, Morales mengatakan perusahaan akan memproduksi rata-rata 3.1 juta b/d tahun ini, sama seperti pada tahun 2007, karena mengganti kerugian lahan lainnya untuk penurunan di Cantarell.

Morales mengakui bahwa penurunan pada produksi Cantarell memaksa Pemex untuk melangkah kedalam zona produksi yang sulit lagi di lahan dan di perairan dalam di Teluk Mexico.

Banyak pengeboran baru dari perusahaan di project Tertiary Gulf Oil di bagian utara dari negara Veracruz dan Puebla, dimana produksi meningkat sampai 41,000 b/d pada akhir tahun 2007. Pada tahun 2015, Pemex mengharapkan produksi di wilayah akan naik hampir 600,000 b/d mengikuti investasi yang saat ini ditetapkan pada 1.7 juta dolar.

Pemex juga mengharapkan akan menaikan produksi di lahan offshore Ku-Maloob-Zaap, di tujuh sumur baru yang lengkap dan platform produksi baru dipasang pada akhir tahun 2007. Pemex juga berencana akan memulai pembangunan dari platform pengeboran Maloob C pada awal 2008.

Sumber: www.ogj.com