Select Page

Scrubber sebetulnya punya banyak nama, ada yang bilang 2 phase vertical separator, ada yang bilang KOD/knock out drum . Separator vapor – liquid. sering digunakan di oil&gas untuk melakukan pemisahan 3 phase, vapor – liquid1-liquid2, atau hydrocarbon vapor, hydrocarbon – water.

Tanya – Renita Anggreini

Dear member milis migas yang sudah profesional,

Salam kenal,

Saya seorang fresh process engineer yang baru saja 2 bulan bergelut di engineering.
Saya ingin bertanya tentang scrubber yaitu cara kalkulasinya.
Apakah sama dengan metode kalkulasi untuk separator 2 phase? Kalaupun beda, apa perbedaan di “metode kalkulasi” nya…
Kalau ternyata benar2 sama dengan separator 2 phase, berarti keraguan saya sudah terjawab. & dimana yah saya bisa mendapat referensi yang spesifik tentang scrubber ini?
Saya sudah lihat GPSA, API, Campbell, tapi tidak ada referensi yang memuaskan khusus untuk scrubber. Terima kasih.

Tanggapan 1 – ‘Firmansyah, Ari (Jakarta)’@WorleyParsons

Mbak Renita,

Pertama saya ucapkan selamat datang di dunia process engineering… Untuk pertanyaan anda secara singkat saya bisa jelaskan sebagai berikut:

Pada dasarnya, separator dan scrubber memiliki fungsi yang sama, yaitu memisahkan antara fasa gas dan liquid. Term separator biasanya lebih ditujukan unutk bulk separation dan horizontal, sementara scrubber untuk fine separator (small liquid droplets) dan vertical. Di dalam scrubber biasanya terdapat mist eliminator untuk tujuan ini. Dari sisi sizing antara separator dan scrubber tak ada perbedaan yang spesifik, hanya dengan penambahan mist eliminator ada K factor yang dimasukkan dalam perhitungan ini. Untuk K factor berbeda-beda tergantung type mist eliminator yang digunakan (mesh pad, vane type etc) untuk jelasnya bisa refer ke GPSA section 7 separation. Sementara itu dulu, kalo ada yang lain bisa diskusi lebih lanjut.

Tanggapan 2 – roeddy setiawan

Dear Renita,

Scrubber sebetulnya punya banyak nama, ada yang bilang 2 phase vertical separator, ada yang bilang KOD/knock out drum . tapi sebetulnya betul spt yang anda baca separator vapor – liquid. sering digunakan di oil&gas untuk melakukan pemisahan 3 phase, vapor – liquid1-liquid2, atau hydrocarbon vapor, hydrocarbon – water. GPSA , Campbel, Perry, transport phenomena dr BSL (bird,stewart,lightfoot) membahas apa yang anda cari, rational dari sauder & brown basic dr dasar perhitungan yang anda perlukan.

Tanggapan 3 – Renita Anggreini

Terima kasih banyak atas penjelasannya yang membuat saya lebih mengerti.

Lalu saya juga ingin bertanya lebih lanjut, saya memiliki contoh spreadsheet perhitungan scrubber vertical 2 phase (2 spreadsheet yang berbeda), tapi kenapa yah di kedua spreadsheet itu saya tidak menemukan perhitungan dished head dilibatkan dalam menghitung volume untuk pada akhirnya mencari residence time di masing2 level ketinggian?? sedangkan pada separator vertical 2 phase kan itu ikut diperhitungkan tergantung dari tipe dished head nya, semi ellipsoidal ato hemispherical.
Apa memang untuk scrubber tidak diperhitungkan dished head tersebut?atau mungkin contoh spreadsheetnya yang salah?

Tanggapan 4 – Nazaruddin

Saya ingin memberikan sedikit masukan semoga bermanfaat,

Ada sedikit perbedaan antara Vertical separator dan secrubber. Scrubber, sejauh yang saya ketahui hanya beroperasi untuk dua phasa ( gas & liquid ). Semua formula yang digunakan untuk sizing scrubber pada dasarnya adalah untuk menghitung minimum diameter yg diperlukan agar nilai terminal velocity dari liquid droplet lebih besar dari vertical gas velocity pada PQT operasi. Jadi pada aplikasi sebagai scrubber konsep retention / resident time menjadi tidak penting. Saya kira itu sebabnya kenapa dished head tidak diperhitungkan.

Vertical separator pada aplikasinya sering beroperasi untuk tiga phasa ( gas, oil, water ), konsep retention time yang berhubungan erat dengan liquid column volume menjadi penting pada proses pemisahan antara oil dan water sehingga dished head harus diperhitungkan juga.

Share This