Kita mau masang burner Riello dual fuel ( bisa gas fuel atau diesel fuel ). kita mau masang gas line 2′ – 50 m dari metering ke burner. pertanyaannya bolehkah kita pasang pipa dg sistem thread bukan welded. operating pressure 70 PSI.

Tanya – Abdul Manaf

Dear bapak,

Kita mau masang burner Riello dual fuel ( bisa gas fuel atau diesel fuel ). kita mau masang gas line 2′ – 50 m dari metering ke burner. pertanyaannya bolehkah kita pasang pipa dg sistem thread bukan welded. operating pressure 70 PSI.
Mungkin ada kawan – kawan yang mau sharing. Terimakasih.

Tanggpan 1 – cholif yulian

Sekedar sumbang ide, menurut saya sah-sah saja menggunakan thread asalkan connectionnya memenuhi pressurenya (usahakan cari jenis thread yg memenuhi pressure tsb) contoh ACME, …tapi mungkin dari Bapak-Bapak yg lain lebih tahu banyak.

Tanggapan 2 – roeddy setiawan

Dear Pak Manaf,

Sebetulnya yang bapak cari adalah Risk kalau urusan connection tentu saja thread atau weld connection sampai juga kan gas atu fuel nya ke burner, tapi urusan resiko gini pak Crooth-Crooth jagonya. sebelum dia membahas, ada baiknya di buat check list resiko dr thread vs weld. kalau tidak ada ya jalan ke tempat yang cost effective kalau resiko bocor ttidak bisa diterima karena bisa jadi pemicu yang lebih besar lagi ya ke welding pak.

Opini saya karena humidity di dikita besar, hasil kondensai uap air munkin sekali sembunyi di thread lama lama bocor, vibration dr gas yang mengalir juga bisa membuat connection yang tadinya tight kl 3-4 thn lagi belum tentu.
Dari dua hal bisa kita bilang resiko bocor ternyata tidak nol jadi someday pasti bocor tetapi kalu bocor tidak ada resikonya yah genuine kalau bapak adopt thread connection.

Pak Dharmawan pasti ikut memberikan opini nya.

Tanggapan 3 – cholif yulianBetul sekali yg dikatakan Pak Roedy setyawan.. bahwa dg menggunakan Thread rawan sekali bocor, cuma saya punya usul jika thread nya dikombinasi dg seal, kebetulan saya sering mendesain spt ini di well head connection. kalo saya mendesainnya ‘ sebelum thread ada seal & sesudah thread jg ada seal ‘ untuk hindari bocor. saya pilih thread & seal yg standar sesuai pressurenya & mungkin jenis zat alirnya jg ya..? mudah2an bermanfaat & tidak salah saran saya…

Tanggapan 4 – Abdul Manaf

Dear bapak2,

Terimaksih atas sharingnya.

Dengan pertimbangan effisiensi waktu dan biaya akhirnya saya pakai MI ( meallable iron ) ANSI Rating 300, pipe sch 40. Makasih.