Select Page

Direncanakan kami akan menanam pipa gas bumi. Untuk hal tersebut kami saat ini dihadapkan pada 2 pilihan mengenai perlindungan yaitu: 1. Perlindungan dengan wrapping memakai denso CVT 750/1000 dengan primer coat ; 2. Perlindungan dengan Coating saja memakai COLTAR coating dengan ketebalan 400 mikron dan primer coating dengan zinc epoksi tebal 50 mikron, sehingga total tebal coating mencapai 450 mikron. Setelah salah satu perlindungan diatas dipakai, maka diterapkan juga sistem proteksi dengan katodik. Yang ingin kami tanyakan adalah untuk masa pakai sekitar 20 tahun, diantara dua pilihan perlindungan diatas.

Tanya – Soni GP

Direncanakan kami akan menanam pipa gas bumi. Untuk hal tersebut kami saat ini dihadapkan pada 2 pilihan mengenai perlindungan yaitu:

1. Perlindungan dengan wrapping memakai denso CVT 750/1000 dengan primer coat

2. Perlindungan dengan Coating saja memakai COLTAR coating dengan ketebalan 400 mikron dan primer coating dengan zinc epoksi tebal 50 mikron, sehingga total tebal coating mencapai 450 mikron. Setelah salah satu perlindungan diatas dipakai, maka diterapkan juga sistem proteksi dengan katodik.

Yang ingin kami tanyakan adalah untuk masa pakai sekitar 20 tahun, diantara dua pilihan perlindungan diatas. Apakah rekan-rekan dapat memberikan pandangan kepada kami mengenai pilihan-pilihan diatas. Sehingga akhirnya dapat merekomendasikan salah satu pilihan diatas.

Tanggapan 1 – roeddy setiawan

Dear Pak Sony,

Ini saya hanya nebak, pasti buat onshore application. karena bapak mention wrapping, yang pengertian saya applying tape material untuk barrier. kalau wrapping ya manual onsite/insitu.

Yang lain barang kali maksud bapak coal tar epoxy ?????, cuman yang agak ngak nagkep ditambah lagi zink epoxy plus boat coal tar epoxy, umumnya ini di apply di tempatnya pipe coater, jadi pipa anda dikirim ke pipecoater mereka ngerjakan coating nya dg spesifikasi mereka sudah jadi baru bawa kesite. ngak banyak yang bisnis di pipe coater, jadi mereka memang punya expertise disitu, tergantung design dan common sense dr engineer dan exposure ke decision nya bisa macam macam. umumnya pipecoater punya semua dr fused bonded epoxy , coal tar , fused poliethylene etc. Bagi saya, ontuk offshore appl, Coal tar adequate karena saja harus pasang lagi sacrifical anode, wrapping hanya saya pakai di sambungan antara join dg joint lain yang kita weld pada saat instalasi, quality dr wrapping kita periksa dg holyday detector, sudah ok, baru di ulur kelaut, demukian seterusnya.

Kalau wrapping long line distribution mungkin cheaper pake tape spt denso, poliken dsb kalau kita ngak punya dedicated inspector, qualification procedure dan acceptance pipe yang di coat manual., baru di timbun, ????? agak repot, krn kalau ada 1 spot yang lowong , korosinya consentrate di tempat itu. kalau digaransi (by the way gimana establish garansi tersebut ??? dan if anything happen 3 year down the road setelah instalasi kan sudah ngak tahu kemana.).

Jadi kalau bapak cukup waktu, punya inspector yang handal dan penuh dedikasi,procedure, prequalification dan acceptance inplace dan enforced wrapping barangkali bisa lebih baik.

Tapi kalau bapak ngak punya semuanya , the best bicara dg pipecoater spt brodero recommended, dia bisa advising best coating yng applicable buat bapak.

Tanggapan 2 – Amal Ashardian

Pak Sony …temperature nya pipa ..berapa pak?

Tanggapan 3 – Nur Harjanto

Kenapa ngak pake FBE / epoxy aja Pak, kalau temperaturnya masih dibawah 100 C lebih bagus pake epoxy yang bisa menjamin sampai umur 20 tahun.

Tanggapan 4 – rdanisworo1

Coal tar and Wrapping menurut saya mungkin pilihan terakhir pak, Coal tar hazardous , Wrapping bisa terjadi ‘ Shielding ‘ kalau pakai CP sytem dan juga rentan terhadap soil stress.

Pakai FBE , Fussion Bonded Epoxy , Single layer atau dual layer, Thickness main di sekitar 450 Micron single layer .
Kalau mau Dirrectional drilling pakai dual layer. Dengan CP system yang tepat , Coating yang benar , pipa bisa bertahan lebih dari 20 tahun.
Temperature operation bisa disekitar 100 Derajat C.

Kalau mau field application , anda bisa pakai two part epoxy , spray dengan plural component
Kalau tertarik , mungkin kita bisa diskusi minggu depan. Thank you

Tanggapan 5 – Eri Triharso@corrpro

Pak Soni,

Untuk yang Directional Drilling coating dengan kekerasan yang tinggi diperlukan, karena biasanya bisa terjadi scracthing yang merusak coating. FBE atau Three layer PE saja masih bisa mengelupas pada directional drilling, apalagi wrapping/coaltar enamel. Mungkin Bapak bisa coba tanyakan ke Pak Ifan, dia bisa bantu : di ifan@corrpro.co.id . Thanks.

Tanggapan 6 – Arif.Wibisono@ikpt

Sekalian ikut nanya boleh ya,

Denger-denger coal tar sudah tidak diijinkan karena alasan dampak terhadap lingkungan.
Apa memang benar, jika iya standard/code apa yang sudah mengeluarkan larangan tersebut?

Demikian, terima kasih sebelumnya.

Share This