Tujuan dari Environmental Risk Analysis (ERA) adalah untuk memberikan decision maker sebuah alat yang meyakinkan mereka untuk membangun dan memaintain acceptable environmental safety levels untuk beroperasi. ERA dapat digunakan untuk mengindetifikasi seberapa banyak setiap aktivitas atau komponen berkontribusi terhadap resiko total kepada lingkungan.

Tanya – athur queen

Dear All,

Mohon bantuannya. Apakah Environmental Risk Analysis (ERA) tercakup dalam wewenang HSE? Meliputi apa sajakah Environment di HSE? Adakah referensi buku wajib untuk studi tentang ERA di bidang perminyakan?
Terima kasih.

Tanggapan – nugroho adi

Dear Mas Arthur

Sepanjang yg saya tau, tujuan dari Environmental Risk Analysis (ERA) adalah untuk memberikan decision maker sebuah alat yang meyakinkan mereka untuk membangun dan memaintain acceptable environmental safety levels untuk beroperasi. ERA dapat digunakan untuk mengindetifikasi seberapa banyak setiap aktivitas atau komponen berkontribusi terhadap resiko total kepada lingkungan.

ERA sendiri mencakup antara lain :

– identifikasi dari environmental hazards

– estimasi kuantitatif dari risk for hazardous events, spasial dan temporal modelling dari emisi dan discharge

– evaluasi dari komponen ekologi yang penting dengan memperhatikan faktor sensitivitas

– kuantifikasi resiko untuk environmental damage dan perbandingan dengan acceptance criteria dan identifikasi dari pengukuran mitigasi

Untuk referensi ada tersedia banyak kebetulan di internet

High recommended , mas arthur bisa mengunjungi web :

HSE UK (health safety executive) di http://www.hse.gov.uk/

atau ke web DNV : www.dnv.no atau NORSOK Norway 🙂 : www.standards.no

Risk assessment di antara kedua negara tersebut secara general sama, salah satu perbedaan mendasar keduanya ada pada ALARP acceptance criteria.

Semoga membantu