Wellhead merupakan salah satu komponen penting dalam proses pengeboran selain semen atau packer. Wellhead ini dipasang pada setiap akhir dari casing dan tubing string di permukaan sumur. Di dalam kelompok wellhead, termasuk pula casing head, casing head spool, tubing head spool, dan christmas tree. Wellhead memiliki dua fungsi penting, yaitu : 1. Sebagai penyangga casing string. Setiap casing dan tubing yang dimasukkan ke dalam sumur secara fisik tergantung pada wellhead ; 2. Sebagai tempat terpasangnya alat pengontrol aliran. Wellhead dirancang untuk dapat dihubungkan dengan alat pengontrol aliran dari dan ke dalam sumur. Pada tahap pengeboran, alat pengontrol aliran ini dikenal sebagai blow out preventer stack atau BOP. BOP ini dipasang pada permukaan wellhead dan digunakan terus hingga tubing masuk ke dalam sumur. Pada tahap completion, tugas BOP diganti dengan sistem pengontrol aliran atau yang dikenal dengan nama Christmas Tree.

Tanya – wahyu anggoro

Dear rekan2,

Saya ingin mengetahui lebih dalam mengenai apa itu wellhead,saya juga ingin tahu perusahaan produsen wellhead, terutama yang biasa di pakai oleh worldwide oil company? Sesingkat apapun jwabannya akan sangat berarti, thank you.

Tanggapan 1 – Aroon Pardede

Wellhead,arti harafiahnya kepala sumur.Kenapa disebut kepala sumur,ya karena dia berada pada di kepalanya/ujungnya sumur migas.

Komponen terbesar/utama wellhead adalah christmas tree (btw,sy gak tau kenapa dinamai xmas tree,mungkin karena agak mirip2 pohon natal dengan cabang2 valvesnya?).

Guna wellhead, sebagai regulator produksi sumur migas. Selain itu,sebagai perangkat sekuriti bagi keselamatan sumur migas. Sebab dalam wellhead terdapat berbagaimacam valves untuk beragam tujuan (production,workover,dll). Selain itu wellhead instalation juga mengatur safety valve, yang berfungsi menutup jalur produksi (tubing) jika terjadi insiden diwellhead.

Brand2 wellhead,ada beberapa yang terkenal, spt cameron, vetco, dll.(sori pak Budhi,nyebut merk. Ga bermaksud ngiklan kok).

Itu yang saya tau. Mungkin para pakar completion, production bisa nambahin?

Tanggapan 2 – cholif yulian

Kalo bahasa awamnya wellhead=kepala sumur (dlm pengeboran). Untuk lebih jelasnya tentang wellhead anda bisa lihat di milist kiriman Bp Budi Swastioko tanggal 25 Desember 2007 dg judul ‘Basic sea survival….’ yg isinya tertera di bawah ini:(di URL itu tertera jelas Wellhead, Hanger & Christmas Tree).

‘Bagi anggota milis yang ingin memiliki versi rev. 1 dari dokumen Basic Sea Survival, sudah saya letakkan di halaman ‘Buku Pintar Migas Indonesia’ di situs www.migas-indonesia .net dengan URL :
http://migas- indonesia. net/index. php?option= com_docman&task=cat_view&gid=104&Itemid=42. Oh ya Mas Indratmo, softcopy mengenai presentasi Basic Sea Survival sudah saya kirimkan ke mailbox anda. Nanti kalau sudah diterima, dokumen anda ini bisa dong direvisi menjadi revisi 2.’

Tanggapan 3 – Budhi, Swastioko (Singgar Mulia)

He.. he.. saya lupa mengumumkan kehadiran dokumen ini ke seluruh anggota Milis Migas Indonesia. Meskipun demikian, diam-diam dokumen ‘Wellhead, Hangers dan X-Mas Tree’ telah di download oleh 205 orang lho. Silahkan download dari URL :

http://migas-indonesia.net/index.php?option=com_docman&task=cat_view&gid=104&Itemid=42. Nanti kalau ada waktu, folder ini akan saya isi terus dengan sumbangan tulisan dari anggota milis yang lainnya.

Sekilas mengenai dokumen tersebut yang ditulis oleh Sdr. Johannes Julianto dari PT. Kvaerner Oilfield Products Indonesia.

Wellhead merupakan salah satu komponen penting dalam proses pengeboran selain semen atau packer. Wellhead ini dipasang pada setiap akhir dari casing dan tubing string di permukaan sumur. Di dalam kelompok wellhead, termasuk pula casing head, casing head spool, tubing head spool, dan christmas tree.

Wellhead memiliki dua fungsi penting, yaitu :

1. Sebagai penyangga casing string
Setiap casing dan tubing yang dimasukkan ke dalam sumur secara fisik tergantung pada wellhead.

2. Sebagai tempat terpasangnya alat pengontrol aliran

Wellhead dirancang untuk dapat dihubungkan dengan alat pengontrol aliran dari dan ke dalam sumur. Pada tahap pengeboran, alat pengontrol aliran ini dikenal sebagai blow out preventer stack atau BOP. BOP ini dipasang pada permukaan wellhead dan digunakan terus hingga tubing masuk ke dalam sumur. Pada tahap completion, tugas BOP diganti dengan sistem pengontrol aliran atau yang dikenal dengan nama Christmas Tree.

Ada empat tipe dasar dari wellhead, yaitu :

1. Wellhead Sistem Konvensional Spool

2. Wellhead Sistem Compact Spool

3. Wellhead Sistem Mud Line Suspension

4. Subsea Wellhead