Select Page

Unbalance frequency adalah frekuensi yang muncul akibat fenomena unbalance dari sesuatu yang berputar. Misal, motor punya running speed 3000 RPM, maka unbalance frequency yang akan muncul adalah di 3000 CPM = 50 Hz. Di FFT spektrum, pada umumnya unbalance frequency disebutkan sebagai 1XRPM atau 1xTS. Semua rotating equipment pasti mempunyai unbalance frequency di 1X RPM karena adanya residual unbalance. Namun sebaliknya, 1XRPM belum tentu merupakan unbalance frequency.

Tanya – uci sanusi

Dear milister,

Apakah sebenarnya definisi dari unbalance frequency dari suatu rotating equipment?

Thanks

Tanggapan 1 – firli mustari

Pa’ Didi,

Menurut saya yg dimaksud dengan unbalance frequency adalah frekuensi rotasi yg tidak sama / seimbang karena perbedaan frekuensi pribadi dari masing2 komponen dari rotating equipment itu sendiri. Sebenarnya setiap komponen mesin memiliki frekuensi pribadi yg setimbang bila dalam kondisi statis (diam). Ketika komponen2 tersebut dirakit menjadi sebuah mesin dan mendapat gaya dari luar maka frekuensi pribadi dr masing2 komponen tersebut akan mencari titik keseimbangan. Sehingga tercipta suatu akumulasi dr frekuensi pribadi yg disebut sebagai frekuensi gabungan, dimana frekuensi gabungan akan seimbang apabila frekuensi pribadi tiap komponen seimbang / sama.
U/ contoh yg lebih mudahnya pa’ Didi dapat melihat proses Balancing pd ban mobil pd velg ban harus diberi tambahan beban (timah kecil) agar seimbang pergerakan rotasi dr ban mobil tersebut.

Mungkin rekan2 ada yg lebih expert di bidang ini (orang konstruksi mesin terutama !) dapat sharing ilmunya tentang unbalance frekuensi ini.

Tanggapan 2 – Anas Rosyadi

Pak Uci,

Unbalance frequency = frekuensi yang muncul akibat fenomena unbalance dari sesuatu yang berputar. Misal, motor punya running speed 3000 RPM, maka unbalance frequency yang akan muncul adalah di 3000 CPM = 50 Hz. Di FFT spektrum, pada umumnya unbalance frequency disebutkan sebagai 1XRPM atau 1xTS.

Semua rotating equipment pasti mempunyai unbalance frequency di 1X RPM karena adanya residual unbalance. Namun sebaliknya, 1XRPM belum tentu merupakan unbalance frequency.

Semoga membantu.

Share This