Select Page

PIT dan PT perbedaannya terletak di ada tidaknya local display. Tetapi kebanyakan dari beberapa vendor dan fabrikan sendiri, semuanya tanpa kita tuliskan PIT dan PT pun sudah mengacu ke local display, hal ini mungkin karena perbedaan harganya yang tidak significant. Kita tulis PIT ataupun PT, vendor pasti memberikan yang ada local indikasi nya.
Tapi ini akan mempengaruhi electrical disiplin, karena jika ada pembacaan di area lapangan, maka wajib/mandatory disediakan lampu di tempat itu, untuk mempermudah operator membaca indikatornya. Mungkin ini juga akan membedakan cost antara PT dan PIT.

Tanya – Alie suherman

>Dear Milister,

Saya lagi ditugaskan dalam bidding, jadi mohon bantuannya dari milster semua….
Langsung aja nich, maklumlah masih pemula jadi banyak nanya hihihi….

1. Di dalam gambar P&ID ada field instrument PIT dan PT, tetapi ketika melihat data sheet-nya mengapa dijadikan satu kategori? jadi apakah sebenarnya perbedaan antara PIT dan PT?

2. Pertimbangan apakah yang harus dipakai dalam menentukan element type diaphragm atau strain gauge untuk pembuatan Datasheet Pressure and differential pressure transmitter? mungkin ada contohnya source (artikel-nya) untuk hal ini untuk menambah pengetahuan saya.

Saya ucapkan banyak terima kasih atas bantuan milister semua…

Tanggapan 1 – ‘Viddy Adrian Waluyadi’

Dear Alie,

Saya kemaren juga mengalami kebingungan yang sama, tapi kesimpulan sementara yang saya ambil adalah PT dan PIT itu perbedaannya adalah di display, PT tidak harus mempunyai display di transmitternya sedangkan PIT mutlak ada display untuk local indicator.
Untuk pemilihan element type diaphragm atau strain gauge tergantung pada karakteristik liquid yang di ukur. secara umum diaphragm mempunyai pergerakan yang cepat dan akurat tapi range tidak terlalu besar.

Mungkin rekan yang lain ada yang bisa menambahkan…

Tanggapan 2 – HANENDRA AGUNG S

Dear,

Ikut urun rembug sambil minum kopi saya ingin menanggapi he he he 🙂

Memang kalau menurut Instrumen symbol dan diagram PT adalah Pressure Transmiiter tanpa Indicator.

Menurut hemat saya PT dan PIT adalah sama, dengan beberapa alasan:

1. Kebetulan saya sedang menangani TBA (Technical Bid Analysis) Pressure Transmiiter,
Dan semua vendor memberikan penawaran Pressure Transmiiter dengan Indicate, meskipun ada item PT saja.

2. Dengan dilengkapi Indikator lokal, maka kita bisa mengetahui apakah alat tersebut bekerja dengan baik, ketika terjadi ‘kesalahan pengukuran’ di Control room.

Untuk pembuatan datasheet pressure transmitter dan datasheet yang lain, coba lihat ISA-S-20-1981 dan Process Measurement and analysis karangan Bela G Liptak.

Semoga berguna

NOTE: ada yang tahu IEEC 841 dan IEEC 112, kalo ada boleh share, JAPRI

Tanggapan 3 – Fajar

Saya sedikit tambahkan mengenai PIT dan PT, ini sangat penting buat yang lagi tugas bidding.
PIT adalah Pressure Transmitter yang terpasang bersama indicator local baik dengan display analog atau digital. Dan PT sendiri Pressure Transmitter yang tidak ada indicator localnya. Barangkali itu yang membedakan tulisan PIT dan PT.
Mungkin beda harganya tidak significant tetapi penting untuk operator atau tehnisi baik saat plant commisioning, startup atau kondisi normal running.
Coba didiskusikan lagi dengan process engineernya agar lancar dikemudian.

Tanggapan 4 – Gustiyanto

Seperti yang sudah dikatakan oleh semuanya, memang PIT dan PT perbedaannya terletak di ada tidaknya local display. Tetapi kebanyakan dari beberapa vendor dan fabrikan sendiri, semuanya tanpa kita tuliskan PIT dan PT pun sudah mengacu ke local display, hal ini mungkin karena perbedaan harganya yang tidak significant. Kita tulis PIT ataupun PT, vendor pasti memberikan yang ada local indikasi nya.
Tapi ini akan mempengaruhi electrical disiplin, karena jika ada pembacaan di area lapangan, maka wajib/mandatory disediakan lampu di tempat itu, untuk mempermudah operator membaca indikatornya. Mungkin ini juga akan membedakan cost antara PT dan PIT, hehehe, terima kasih…
Ok, thank you for your respond.

Tanggapan 5 – Waskita Indrasutanta

Kalau saya check di price list sih Digital Local Display harganya cukup signifikan (sekitar 10%~25% dari harga transmitter) , tetapi blind transmitter (tanpa local display) sangat tidak practical, terutama
Waktu melakukan kalibrasi, apalagi kalau untuk FF Transmitter.

Tanggapan 6 – Wahyu Yuliadi

Betul sekali pak Waskita,

Jika kita menggunakan PT tanpa indikator, artinya perlu menggunakan HART communicator pada saat melakukan kalibrasi. Atau minimal multimeter untuk mengukur arus keluarannya.
Mungkin itu sebabnya kenapa di project yg saya kerjakan kemaren menggunakan PT c/w indicator (permintaan client), padahal di P&ID hanya tertulis PT saja, bukan PIT.
Anehnya, di tempat yang sama juga diinstall PI (pressure gauge analog). Jadi ada double indication disitu.

Kesimpulan saya :

* Jika di P&ID dituliskan PIT, maka mutlak diperlukan pressure transmitter c/w indicator.

* Jika di P&ID tertulis PT saja, maka kita punya dua pilihan :

1. tanpa indikator

– jika PT diinstall pada tempat yang sulit (operability- nya) sehingga indication tidak terlihat/tidak berguna.

– jika kita ingin menghemat cost.

2. dengan indicator, recomended untuk PT yg operability- nya mudah, untuk memudahkan kalibrasi, dan tidak ada masalah dengan cost. indicator tetap diperlukan meskipun ditempat itu sudah ada PI.

Tanggapan 7 – Encep Y. Permana

Memang kadang sering kita jumpai didalam suatu Design P&ID satu pipe line yang sama ada 2 instrument yaitu PIT (Press. Indicator Transmitter) dan satu lagi PI (Press. Indicator/ Gauge). dan tekardang malah keduanya berdekatan, kalau saya analisa dengan menambahkan satu buah PI di dalam design spt ini yaitu untuk mengantisipasi adanya kerusakan pada system electronic Transmitter itu sendiri, sehingga seorang operator masih bisa melihat pengukuran on display dari sebuah Pressure Indicator/Gauge.

Kesimpulannya:

Penambahan Indikasi pengukuran spt. Pressure Indicator/ Gauge yaitu lebih kepada masalah back up system.

Tanggapan 8 – priyo_a_s

Rekan milist,

Sekarang ini memang produsen instrument memang lebih banyak yang mengeluarkan produk instrument yang sekalian sama indicatornya. apalagi selisih harga-nya tidak jauh, dan mungkin malah lebih sukar mencari instrument yang blind saja (tanpa indicator).

Namun untuk pemasangan indicator disamping transmitter, memang harus dipertimbangkn dari sisi pipe strength. kalau dalam satu spool pipa terlalu banyak process tapping, dikuatirkan pipa-nya akan tidak kuat. dan biasanya, pemasangan indicator merupakan downstream dari transmitter, karena gimana juga tapping dari pipa, memiliki efek untuk mengacaukan process dari pipa itu sendiri, walau kecil. dan nilai yang paling kita harapkan ialah dari transmitter, jadi transmitter yang lebih dahulu pemasangannya.

Tanggapan 9 – Waskita Indrasutanta

Rekans,

Seperti yang saya posting sebelumnya, selisih harga menggunakan local indicator cukup signifikan (10%~25% dari harga transmitter).

Untuk menghindari banyaknya process tap, sebagai general practice umumnya orang menggunakan satu impulse line dan di-cabang untuk PT dan PI. Demikian pula, apabila sebelumnya hanya dipasangkan PI dan kemudian mau ditambahkan PT, process tap yang sama (umumnya dilengkapi dengan block valve) di-cabang untuk tambahan PT tersebut.

Share This