Bucholz relay bekerja jika didalam trafo terjadi flash over ( umumnya short circuit ) yang mengakibatkan ada tekanan gas yang sangat keras sehingga menyebabkan pelampung yang di bucholz bekerja.Makanya ketika pemasangan bucholz ,tanda panahnya dipasang menuju ke konservator bukan dalam trafo.Cara pengetesannya sendiri mudah yaitu ada tombol di bucholz,kalau dipencet setengah indikasi alarm,sedang dipencet penuh indikasi trip. Ada juga dengan memompa ke bucholz itu.umumnya pompa tes dikirim sekaligus dengan bucholznya.

Tanya – Budi Raharjo

Rekan-rekan,

Mohon pencerahannya tentang teori rele Bucholz & prosedur testingnya untuk pengaman internal power transformer.

Terima kasih sebelumnya,

Tanggapan 1 – Abdul Aziz

Saya hanya coba input yang saya ketahui.Bucholz relay bekerja jika didalam trafo terjadi flash over ( umumnya short circuit ) yang mengakibatkan ada tekanan gas yang sangat keras sehingga menyebabkan pelampung yang di bucholz bekerja.Makanya waktu pemasangan bucholz ,tanda panahnya dipasang menuju ke konservator bukan dalam trafo.Cara pengetesannya sendiri mudah yaitu ada tombol di bucholz,kalau dipencet setengah indikasi alarm,sedang dipencet penuh indikasi trip.Ada juga dengan memompa ke bucholz itu.umumnya pompa tes dikirim sekaligus dengan bucholznyz.
Terima kasih.

Tanggapan 2 – Priyo_a_s

Memang, bisa dengan pompa tester atau dengan tombol.
Bucholtz trip itu kadang dikatakan orang dengan sudden trip, karena ada overpressure oli di trafo.

Tanggapan 3 – Widodo Wirjono

Rekan2 Milis Yth,

Saya mohon bantuannya juga sehubungan dengan Relay Bucholz.

Saya ada me raise concern pada kontraktor jika ada kehilangan oil transformer, berkaitan dengan terbatasnya spill containment yang ada.
Saya tanyakan pada Contractor: Apakah ada level alarm? Jawabnya ada, dan akan mentripkan Trafo.
Ditambah lagi ada Relay Bucholz ini, yang katanya jika ada perubahan pressure yang cepat dia akan memberi alarm.
Mohon pencerahannya, kalau ada kehilangan level karena kebocoran besar, maka pressure akan drop. Apakah relay ini juga akan memberi alarm/trip jika ada sudden drop of pressure?

Terimakasih banyak atas pencerahannya.

Tanggapan 4 – Ady Hawis

Hallo Pak Widodo,

Umumnya terdapat level switch di tank oil yang berada dibagian atas transformer. Dimana level switch tersebut akan mengirimkan signal ke protection transformer untuk mentripkan transformer. Relay Bucholz sendiri akan aktif apabila semakin banyak akumulasi gas yang terjadi akibat pemanasan berlebih oil transformer yang secara langsung akan meningkatkan tekanan dalam transformer. Sehingga diharuskan tidak boleh terjadi kebocoran di transformer. Pengalaman yang pernah saya dapatkan adalah bolt nut casing transformer dan bushing winding loose sehingga terjadi rembesan oil di casing. Saya sarankan untuk mengadakan retigtening bolt ketika transformer shutdown. Dan info terbaru yang saya dapatkan tentang transformer adalah diharuskannya diadakan pengetesan corrosive test ASTM D1275 pada oil transformer karena bisa terjadi spark antar winding dalam transformer.

Berikut tanggapan selengkapnya dari rekan-rekan Mailing List Migas Indonesia pembahasan bulan Oktober 2007 :