SCF (stress concentration factor), didefinisikan sebagai perbandingan stress pada hot spot dengan stress nominal, digunakan untuk fatigue analysis. Ada tiga pendekatan yang digunakan untuk menentukan nilai SCF : Berdasarkan experiment data ; finite element analysis ; menghitung dengan parametric equation (tapi tetap berdasarkan experiment data atau finite element analysis. Intinya menghitung dengan menggabungkan nilai2 SCF, misal SCF nya weld, SCF nya gross geometry, dll). Pendekatan nilai SCF yang sering di gunakan di offshore structure adalah efthymious. Selain API RP 2A, NORSOK, Smedley and Fisher dll.

Tanya – uci sanusi

Dear milister,

Apa ada yg punya excel perhitungan SCF dan analisa fatigue? Kl ada apa bisa di share? bisa barter dgn dokumen2 punya sy. Thanks.

Tanggapan 1 – Alex Kajuputra

Mas Uci,

Apa itu ya SCF??

Utk Fatigue setahu saya biasanya pake software utk analisanya….belum pernah dengar pake excel.

Tanggapan 2 – firli mustari

Pak / Mas Uci,

Mungkin bisa bermanfaat,

Tugas akhir saya waktu kuliah dulu berkaitan dengan ‘ Analsis kekuatan fatik pada material AL 2024 T351’, disini saya menganalisis kekuatan sambungan pada pelat yang di sambung dengan menggunakan paku keling atau yang lebih dikenal dengan metode ‘Cold Work’ (agar lebih jelasnya mohon cari literatur dari perusahaan2 pembuat pesawat terbang tentang metode ini).
Sepengetahuan saya analisis fatik pada suatu material hanya dilakukan melalui metode uji coba fatik. Dengan syarat dan kondisi pengujian yang sama. Dari hasil uji coba fatik tersebut akan diperoleh harga Beban (S) Vs Siklus (N) atau yang biasa disebut sebagai diagram S-N.
Untuk material ferrous biasanya mempunyai batasan harga siklus tertentu (lebih besar/ sama dengan 10 pangkat 5) dan untuk material non-ferrous biasanya siklusnya lebih dari 10 pangkat 5).
Biasanya besarnya beban akan terus berkurang seiring dengan meningkatnya jumlah siklus uji fatik, perubahan2 ini biasanya dicatat dalam bentuk excel. Lalu dibuat suatu diagram Beban terhadap Siklus (S Vs N). Untuk contoh file excel S Vs N-nya saya punya, tp untuk file SCF yg bapak maksud saya tidak punya.

Tanggapan 3 – Sugeng Riyadi @saipem

Pak Alex,

SCF itu kalau gak salah stress concentration Factor pak.

(1+2a/b) adalah salah satu formula yang bisa digunakan untuk menghitung SCF pada suatu pelat yang memiliki opening/hole, dimana a dan b adalah dimensi dari opening/hole tersebut.

Tanggapan 4 – Amal Ashardian

SCF dan fatigue itu berhubungan sangat erat….seperti Romeo & Yuliet.

Dan Fatigue calculation bisa dibuat spread sheet nya di Excel…MathCAD atau spread sheet yang lain.

Tapi kalau ngitung stressnya itu bisa pakai SAP SACS untuk structure dan AutoPIPE atau Caesar.buat piping.

Stress yang terjadi pada misal sambungan las… itu dikalikan dengan SCF ini… yang nantinya di transfer ke curve S-N.di S nya kemudian ditarik garis horizontal sampai memotong S-N curve untuk mendapatkan N (jumlah kejadian sampai fatgue).

Tanggapan 5 – Luthfi Ramadhani

Pagi pak Uci,

Sekedar sharing sejauh yang saya tau,

SCF (stress concentration factor), didefinisikan sebagai perbandingan stress pada hot spot dengan stress nominal, digunakan untuk fatigue analysis. Ada tiga pendekatan yang digunakan untuk menentukan nilai SCF :

– Berdasarkan experiment data

– finite element analysis

– menghitung dengan parametric equation (tapi tetap berdasarkan experiment data atau finite element analysis. Intinya menghitung dengan menggabungkan nilai2 SCF, misal SCF nya weld, SCF nya gross geometry, dll).

Pendekatan nilai SCF yang sering di gunakan di offshore structure adalah efthymious. Selain API RP 2A, NORSOK, Smedley and Fisher dll.

Karena sudah ada nilai2 pendekatan SCF, kenapa pak Uci kok mau menghitung nilai SCF lagi? (yg notabene adalah pekerjaan lab dan mungkin menghabiskan banyak waktu dibandingkan fatigue assessment itu sendiri.)

Untuk analisa fatigue (excel) yang pak uci cari, saya tidak punya, tapi mungkin bisa menghubungi teman2 mahasiswa kelautan ITS (yang saya tau). Atau lab nya. Saya pernah melihat mereka punya analisa fatigue (excel) dengan metode pendekatan SN (simplified fatigue, kalau mau spectral atau time domain coba hubungi mahasiswa yang aktif di lab). mungkin fatigue dengan pendekatan fracture mechanic mereka juga punya.

Semoga bermanfaat,

Tanggapan 6 – Abraham Imam Muttaqin

Hati2 sewaktu mengambil keputusan untuk menggunakan suatu formula SCF.
Karena SCF tsb memiliki limitasi dlm penggunaannya.

Pada struktur jacket yg 3D, kadang ada appurtenant structure yg berkontribusi pada joint yg akan dianalisis. Kemudian juga perlu dipertimbangkan factor initial deformation (i.e ovalitas tubular etc) akibat geometry imperfection sewaktu fabrikasi misalnya.

Ketepatan menentukan SCF akan menentukan akurasi fatigue analysis result. Pekerjaan menentukan SCF setidaknya equal dgn 50% man-hour dlm fatigue analysis.