NEMA 4X : Watertight, Dusttight, Corrosion-Resistant – Indoor & Outdoor (General Purpose):
* Enclosures constructed for either indoor or outdoor use to provide a degree of protection to personnel against incidental contact with the enclosed equipment; to provide a degree of protection against falling dirt, rain, sleet, snow, windblown dust, splashing water, hose-directed water, and corrosion; and that will be undamaged by the external formation of ice on the enclosure.

Tanya – Ahmad Santoso

Dear All,

Mohon bantuan dari reken-rekan, saya terlibat debat kusir yang tak berujung dengan client saya tentang hazardous area approval untuk paket alat proses yang saya design yang didalamnya ada alat-alat elektriknya.

Di dokumen tender menyebutkan bahwa minimum menyebutkan bahwa semua alat elektrik harus dikemas dalam enclosure yang comply dengan class 1 division 2 group D atau NEMA 4X.

Enclosure yang saya supply adalah NEMA 4X, ada approval dari CSA atau UL. Tetapi client saya bilang bahwa NEMA 4X bukan enclosure yang classified. Dan mereka bilang bahwa NEMA 4X tidak comply dengan Class I Div 2 Group D.

Sedangkan dari literature yang saya baca di website CSA menyebutkan bahwa NEMA 4X itu sudah comply dengan Class I Div 2 Group D.

Mungkin ada teman-teman yang dapat membantu saya??

Tanggapan 1 – Administrator Migas

Saya cenderung berpendapat sama dengan client anda, karena NEMA 4X hampir mirip dengan IP 66 (angka 6 pertama berarti Dust-Tight dan angka 6 kedua berarti Heavy Seas). Sayang sekali, di rumah saya cari standard NEMA tidak ada, mungkin besok coba cari di library kantor (biasalah untuk standard yang harus bayar, kantor punya lengkap). Tapi seingat saya untuk penggunaan di hazardous area, biasa mempersyaratkan minimum NEMA 7 karena NEMA 4X adalah persyaratan untuk weatherproof, bukan explosionproof.

Ada anggota lain yang ingin menambahkan atau memberikan referensi (karena tidak tuntas nih akibat ketiadaan referensi di rumah).<.p>

Tanggapan 2 – Ahmad Santoso

Terima kasih pak Budi,

<>Tapi dari tabel dokumen IEC Publication 60529 tentang ‘Conversion of Enclosure Type numbers to IEC Classification Designations’ tertera bahwa berdasarkan standar pengetesan NEMA 4 dan 4X dapat dikonversi dengan IP 56.

Saya setuju untuk hazardous area seharusnya memakai NEMA 7, tetapi repotnya di dokumen tender tidak menyebutkan satu katapun NEMA 7. Yang disebut berulang-ulang adalah NEMA 4X.

Tanggapan 3 – Budhi, Swastioko (Singgar Mulia)

Makanya, di posting saya sebelumnya tertulis “hampir mirip” karena memang tidak bisa dikonversikan langsung. Tabel di bawah saya ambil dari http://www.ezscreen.com/ip_ratings.htm menyebutkan NEMA 4X mirip dengan IP 66.

Problemnya hampir sama dengan yang saya alami sekarang dimana spesifikasi menyatakan NEMA 4X, tapi di instrument data sheet saya comment menjadi NEMA 7. Banyak kok sekarang field instrument yang berspesifikasi minimum NEMA 7, dan sudah menjadi manufacturer standard malahan.

Comparing NEMA and IP enclosure ratings.

This comparison is only approximate, and it is the responsibility of the user to verify the enclosure rating necessary for the given application.

Tanggapan selengkapnya dari rekan-rekan Mailing List Migas Indonesia pembahasan Bulan Januari 2008, dapat dilihat dalam file berikut: