Select Page

Berbicara safety engineer memang tak luput dari pemahaman tentang personal tersebut graduate from tecnical discipline tetapi perlu kita sadari bahwa divisi safety dalam pengawasan terhadap berbagai bisnis process akan berhadapan dengan berbagai macam aktifitas yang mana ini tentu tidak didapat secara details dalam discipline ilmu.

Tanya – Temie Iswanto

Dear all,

Mohon advis. Hal atau sertifikasi apa saja yang perlu dimiliki seseorang agar layak jadi Safety Engineer. Thanks in advance.

Tanggapan 1 – Akh. Munawir

Gampangnya lihat di Job Vacancy utk posisi ‘Safety Engineer’, biasa-nya tertulis tuh detail kriteria atau requirementnya. Kembali jika lihat di vacancy, sertifikat yg dibutuhkan biasanya ‘Bachelor (S1) Graduate from Technical Discipline’. :))

Tanggapan 2 – Darwis sbr

Ikutan nimbrung dikit (maturnuwon mas)

Berbicara safety engineer memang tak luput dari pemahaman tentang personal tersebut graduate from tecnical discipline tetapi perlu kita sadari bahwa divisi safety dalam pengawasan terhadap berbagai bisnis process akan berhadapan dengan berbagai macam aktifitas yang mana ini tentu tidak didapat secara details dalam discipline ilmu.Oleh karena itu saya berasumsi bahwa safety engineer position dengan berbekal gradute from discipline technical dan memahami beberapa (some) job description safety engineer tidaklah cukup tanpa didukung pengalaman tempur (emang perang pakai tempur segala……) dalam berbagai bisnis proses.

Ini aja mas-masku…..,mudah-mudahan ada yang nambahin,sekalian mancing para sesepuh turun gunung untuk membagi ilmunya.

Tanggapan 3 – Alvin Alfiyansyah

Dear Mas Darwis,

Pa kabar ..? Salam juga utk semua yg sudah mereply topik ini macam Mas Munawir, Mas Tam-Tam, dll.
Sebaiknya yg bersangkutan baca Guidelines for Career Safety Professional dari BCSP & ASSE. Jadi ada bermacam spesifik penjurusan yang dapat dipilih utk berkarir di bidang ini semacam yg umum di Indonesia adalah Loss Prevention, Industrial Hygiene, Environmental Safety, Operation, Project Safety/HSE, Fire & Rescue, Emergency Response, dll.
Berbagai penjurusan spesifik tersebut butuh keilmuan dan pengalaman yg khusus karena spesifik sekali yang dibutuhkan misalnya Loss Prevention di suatu perusahaan butuh kandidat yg menguasai teknik analisa resiko tertentu misal QRA (Quantitative, red), FTA, ETA; sementara belum tentu di tempat lain keahlian tersebut dibutuhkan.
Untuk support Operation, maka keahlian dan pengetahuan ttg skup operation sampai berbagai macam alat yang dipunyai perusahaan mungkin adalah hal dasar yang mesti diketahui lebih dahulu, semacam pengetahuan dan kursus khusus seperti Slinging & Wirerope, Confined Space, Lifting Operation, Gas Detection, dll. akan sangat menyesuaikan dengan kebutuhan di perusahaan tersebut. Ada lagi Safety Engineer yang terkadang dibutuhkan utk mensupport Quality Assurance dan Inspection perusahaan, maka pengetahuan inspection dan berbagai standar manajemen mungkin lebih dibutuhkan di perusahaan anda.

Rekan Temie mungkin bisa merujuk ke job desc utk lebih jelasnya, dan guidelines tersebut perlu disimak agar lebih jelas, jika memang nanti sudah sedikit banyak tahu mungkin kita bisa diskusi lebih detail disini.
Saya sih hanya orang yang baru mencoba pengalaman dalam masalah ProjectSafety/HES. Daaah …mau ikut HAZOP dahulu ….
Semoga nanti ada rekan2 lain Senior yang dapat menambahkan kekurangannya.

Terimakasih atas perhatiannya.

Tanggapan 4 – rd_gautama@fmi.com

Memangnya ada sertificate safety engineer?

Setahu saya; training yang mendukung untuk menjadi safety engineer banyak; sepeti hoist; LOTO; confined space dll. Mungkin; semakin banyak training seperti ini (apalagi jika ada sertificatenya) lebih mantap. Bukan begitu, Pak?

Tanggapan 5 – ‘Akh. Munawir’

Sharing sedikit untuk bidang saya saja Mas di ‘Fire & Safety Engineering’, karena kebetulan ini jd tempat mencangkul sy sekarang (EPCI). F&G Protection System adalah bagian dari ‘Safety Layer of Plant Protection’.

Dan skup pekerjaannya meliputi :

– Understand with Fire/Explossion Risk Philosophy.

– Active Fire Protection Basis Design + Detail Engineering

– Pasive Fire Protection.Basis Design + Detail Engineering.

– F&G Detection System & Alarm Notification Basis Design + Detail Engineering.

Ini versi tempat mencangkul saya skr ya mas, klo ditempat lain mungkin bisa berbeda.
Untuk Industri (Manufaktur, Building Contractor, dll) yg dibawah Depnaker, klo tidak salah Safety/HSE Engineer-nya harus memegang ‘Sertifikat Ahli K3 Umum dr Depnaker’ CMIIW.

Share This