Select Page

Bila anda mencoba untuk memasuki bidang mekanikal di oil & gas industry, maka dalam proses rekrutmen yang biasa dilakukan adalah melihat pengetahuan dasar dan pengalaman kerja di bidang mekanikal tsb. Sebagai gambaran ada dua jenis mechanical engineer di perusahaan minyak. Satu adalah menchanical engineer operation yang lebih banyak dilapangan dengan fokus kepada maintenance dan ada juga purely mechanical engineer yang memang fokus kepada engineering design dsb.

Tanya – Anang Raharjo

Selamat pagi …. miliser Migas semuanya.

Semoga pagi ini membawa berkah dan kebahagiaan bagi kita semua.
Sebelumnya, saya minta maaf apabila pertanyaan saya sudah ada yang mengajukan dan telah ditanggapi dengan sangat baik oleh teman-teman miliser semuanya..(karena itukah ciri khas dari miliser disini), atau telah dimuat di website migas..(maaf).

Saya adalah seseorang yang sangat tertarik untuk bermain di lapangan minyak dan gas.Seperti layaknya seorang anak kecil yang ingin sekali bermain sepakbola di gelora bung karno. Akan tetapi, informasi yang saya ketahui dari dunia perminyakan tersebut masih sangat minim sekali. Saya ingin belajar banyak dari miliser semuanya yang telah memiliki jam terbang yang tinggi di dunia ini.

Saya ingin mengetahui posisi2 yang ada di dunia usaha minyak dan gas, dan juga tanggung jawab yang harus di emban oleh pemain di posisi tersebut. Karena saya melihat di lowongan pekerjaan,banyak sekali posisi yang ditawarkan seperti drilling engineer, piping engineer, dll dan saya tidak mau salah pilih posisi untuk memaksimalkan potensi saya. Bisakah teman2 miliser membantu saya untuk menerangkan atau memberikan saya informasi bagaimana untuk menjawab pertanyaan tersebut.Saya sangat menghargai sekali antusiasme dari anggota milis ini. Saya memohon maaf apabila terdapat sesuatu yang tidak berkenan dihati miliser semuanya. Saya ucapkan terima kasih atas perhatian yang telah diberikan dan semua tanggapan dari teman2 anggota milis migas .

Semoga kebahagiaan menyertai kita semua.amin.

Tanggapan 1 – pungki purnadi

Rekan Anang,

Dunia MiGas itu sangat luas cakupannya. Bila anda mempertanyakan posisi serta tugas & tanggung jawab yang ada di dunia MiGas, tentunya akan sangat panjang bila harus ditulis di milis ini. Oleh karena itu ada jurusan teknik perminyakan di beberapa universitas yang memberikan bekal bagi orang2 yang berminat terjun di dunia MiGas.

Namun demikian, mungkin saya coba membantu anda terhadap ketertarikan anda dengan melihat apa yang menjadi background edukasi anda sehingga kita dapat mengarahkan bidang apa yang dapat memungkinkan anda masuki di dunia MiGas.

Disatu sisi lain, mungkin anda bisa juga mulai browsing informasi mengenai petroleum industry itu sendiri. Demikian informasi pendeknya.

Tanggapan 2 – anang raharjo

Terima kasih banyak bapak Pungki.

Maaf saya terlupakan untuk menuliskan hal itu. Background saya adalah mekanikal. Dengan wawasan sedikit di peralatan konversi energi, seperti pompa, turbin, alat penukar panas, dll. Dan tanpa pengalaman di dunia perminyakan.
Sekali lagi terima kasih atas tanggapan bapak.

Tanggapan 3 – pungki purnadi

Dear rekan Anang,

Mohon maaf saya baru dapat mereply kembali e-mail anda.
Untuk dapat memasuki dunia migas Indonesia, tentu saja dengan menjadi anggota dari milis ini akan sangat membantu menambah pengetahuan anda di bidang mekanikal yang anda miliki sekarang.

Btw, bila anda mencoba untuk memasuki bidang mekanikal di oil & gas industry, maka dalam proses rekrutmen yang biasa dilakukan adalah melihat pengetahuan dasar dan pengalaman kerja di bidang mekanikal tsb. Sebagai gambaran ada dua jenis mechanical engineer di perusahaan minyak. Satu adalah menchanical engineer operation yang lebih banyak dilapangan dengan fokus kepada maintenance dan ada juga purely mechanical engineer yang memang fokus kepada engineering design dsb.

Disatu sisi lain, anda harusnya membekali diri dengan ilmu mekanikan lainnya seperti static equipment, heat transfer dan juga rotating equipment, sehingga kalau nanti diinterview, anda cukup memiliki pengetahuan dasar mengenai semua aspek mekanikal.

Demikian tambahannya.

Tanggapan 4 – Yudhistira Hayuatma

Mau ikut nimbrung nih mas anang.

Kalau mechanical engineering bisa langsung masuk surface facilities bidang mechanical engineering.
Di setiap industri pasti butuh heat engine, termasuk industri perminyakan, downstream and upstream.
Untuk penglaman sepertinya tidak begitu mendesak, paling hanya membisakan diri dengan environment dan jenis-jenis trouble shooting di perminyakan. Plus saran saya lebih mendalami mengenai gas engine (karena paling banyak digunakan di industri perminyakan).

Share This