Man hour disain drawing di tentukan oleh kecepatan drafter, checker. Semakin teliti drafter dan checker berarti man hournya akan tinggi.Tiap perusahaan pasti akan berbeda tergantung dari skill personelnya. Memang sampai saat ini sulit menentukan standarnya karena desain drawing tergantung dari tingkat kesulitan dan ditail yg di buat. 18 jam suatu angka yg masuk akal kalo itu hanya untuk proses drawing, 40 jam juga masuk akal drawing + review. +perbaikan +approval.
Semua tergantung aktualisainya karena angka tersebut hanya merupakan estimasi .Yang namanya estimasi bisa cepat atau bahkan bisa molor.

Tanya – iwan saputra

Dear Rekan-rekan,

Saya ingin bertanya mengenai Manhour Estimasi Untuk Suatu atau satu deliverables buat document.

Maaf saya tanyakan ini karena saya sering berdebat mengenai hal ini dengan client saya. Jadi dengan adanya standard baku setidak-tidaknya tak perlu saya berdebat lagi.
Misalnya : 1 gambar piping plan saya perlukan 40 hours (standard company saya) tapi client protes karena kebanyakan karena tak ada dasar makanya saya cut jadi 18 hours. Saya mau mendebat tapi saya tak punya dasar yang baku.
Dan kemaren, saya ada interview dengan Groupnya Sembawang Engineerings & Constructions (Simon Carves) Singapure , dan hal mengenai manhours ditanyakan juga.
Dan saya jawab 18 hours (itu yang jadi estimasi saya) dan yang interview saya bingung dan heran, dan dia bilang itu nggak cukup pak untuk mendesign suatu gambar plot plan atau piping plan. Dan itu tak mungkin bisa katanya. Jadi saya serba salah dan urung deh jadi expart .

Jadi mohon pencerahan dari rekan-rekan semua mengenai Perhitungan Manhours ini .

Terima kasih sebelumnya.

Tanggapan 1 – Hadi subiantoro

FYi,

Man hour disain drawing di tentukan oleh kecepatan drafter, checker.

Semakin teliti drafter dan checker berarti man hournya akan tinggi.tiap perusahaan pasti akan berbeda tergantung dari skill personelnya.
emang sampai saat ini sulit menentukan standarnya. karena disain drawing tergantung dari tingkat kesulitan dan ditail yg di buat.
18 jam suatu angka yg masuk akal kalo itu hanya untuk proses drawing, 40 jam juga masuk akal drawing + review. +perbaikan +approval…
semua tergantung aktualisainya karena angka tersebut hanya merupakan estimasi .yg namanya estimasi bisa cepat atau bahkan bisa molorrr..
semoga membantu.

Mohon di koreksi apabila ada salah.

Tanggapan 2 – Bambang, Purwanto (Sucofindo)

Buat mas Iwan………..mungkin membantu

________________________________

From: Taufik, Setiaji (Istech)

Pak Bambang,

Menurut saya untuk man hour redrawn piping plan 40 jam sudah estimate yang benar dengan perincian 8 jam untuk designer dan 32 jam untuk drafternya. Kalau pembuatan piping plan dari mendesign awal itu, buat designernya aja sudah 40 jam dan drafternya itu bisa 80 jam dengan catatan hanya 2 kali issued. pertama issued for comment dan kedua issued for approval. kalau issuenya sampai for contruction lebih banyak lagi manhournya. demikian kalau menurut saya. tinggal pak bambang mau menghitung untuk project apa redrawn apa create design dari awal.
Thanks.

Tanggapan 3 – Kunarta DjayaPutra@serica-energy

Mas Iwan,

Berdasarkan pengalaman saya di Engineering,

Manhour yang dibutuhkan untuk memproduksi sebuah gambar tergantung dari banyak factor:

1. jenis gambar

Misalnya Single Line Diagram (Electrical disc) tentu beda dengan Piping Plan (Piping disc).

2. tingkat kesukaran (difficulty factor)

Misalnya detail fondasi beda dengan Piping GA atau schematic diagram

3. Status dari gambar

Dari awal sampai Issue for internal disc berapa jam, misalnya 12 jam.
Setelah kembali dengan comment, revisi sampai Issue Design/Approval berapa jam misalnya 2 jam. Setelah kembali dari client dengan comment sampai Issue For Construction berapa jam (misalnya 4jam). Dalam process mungkin saja gambar tersebut mendapat comment beberapa kali (kebetulan client nya cerewet atau comment lama kembali muncul pada revisi baru).

Banyak designer yang punya status ‘Designer’ tapi samasekali tidak bisa men design. Hanya mengikuti apa kata Enginer nya. Drawing itu akan menjadi lebih lama lagi selesainya.

Kalau mau jujur seorang punya status ‘Designer’ seharusnya bukan karena lamanya bekerja sebagai CAD Operator promosi sebagai Designer tapi dengan kemauan dia belajar dan bertanya sehingga dia meman mampu men design dan Engineer hanya menge-check kebenaran nya.

Tugas Engineer lah menge-check refer ke standard tertentu misalnya American Standard atau Eropah standard atau Copany standard apa yang tertera di gambar itu technically acceptable bukan karena kebiasaan saja.

Wah kebanyakan nich komentarnya bosan orang membacanya ya dan belum tentu benar lagi, hehehehehe…..

Tanggapan 4 – saptohw

Menurut saya, perhitungan manhours itu tergantung dari KPI (Key Performance Indicator) masing-masing company atau Individu masing2 berdasarkan project2 sebelumnya (actual).

Dari sepengetahuan saya di 3 company terakhir, semuanya berbeda jumlah manpower/ manhoursnya untuk suatu Design dengan besar project yang sama/ hampir sama.

Tidak mungkin kan orang yang sudah pengalaman bertahun2 (diatas 10 thn) tapi manhoursnya sama dengan yang pengalaman 4 – 5 tahun untuk membuat satu Design?

Kalau hal ini dibuat untuk suatu planning purpose, saya lebih prefer untuk menggunakan deliverable daripada manhours khusus untuk Design Engineering/ Procurement.

Tanggapan 5 – budi rahardjo

Dear Mas Iwan,

Mas Iwan Saputra, sebenarnya mereka benar minim 250 Mhrs baru termasuk LE,Eng,designer,drafter , karena gambar akan selalu brubah dan berkaitan dengan kordinasi inter disiplin.Juga harus dilihat tingkat kesulitan datanya.
Kalau terlalu minim Risk levelnya Tinggi pak. Demikian info sekedarnya.