Select Page

API-Q1 diperlukan apabila ingin produknya disertifikasi oleh API (API Monogram). Klausul API-Q1, mencakup hampir semua klausul ISO 9001 plus klausul untuk product certification. Jadi kalau sebuah perusahaan sudah mendapatkan API Monogram untuk wellhead dan X-mas tree (memenuhi API-Q1), maka perusahaan tersebut juga memenuhi ISO 9001:2000.

Tanya – anpan

Dear All,

Mohon pencerahan apakah Kalau sudah punya ISO diatas harus juga punya API Q1 untuk pabrikan Wellhead dan X,mastree.

Atau kalau sudah punya API 6A dan ISO 9000 versi 2000 tidak perlu lagi A|PI Q1.

Atas informasinya diucapkan terima kasih,

Tanggapan 1 – supriyatno_gatot

Pak Anton,

API-Q1 diperlukan apabila bapak ingin produknya disertifikasi oleh API (API Monogram). Klausul API-Q1, mencakup hampir semua klausul ISO 9001 plus klausul untuk product certification. Jadi kalau perusahaan bapak sudah mendapatkan API Monogram untuk wellhead dan X-mas tree (memenuhi API-Q1), maka perusahaan bapak juga memenuhi ISO 9001:2000.

Tanggapan 2 – Dani Darwis

Salam Kenal pak Anthon

Saya coba jawab pertanyaan anda berdasarkan pengalaman saya memberi konsultasi API sebagai berikut:

1. ISO 9001:2000 (rencana oct 2008 keluar edisi ke 4) dan API Q1 edisi ke 8 adalah dua standard yang berbeda walaupun secara umum persyaratan Quality Management System-nya banyak yang sama (kurang lebih 85% sama). Apa yang berbeda adalah ISO 9001 adalah Generic Application, sedangkan API Q1 edisi ke 8 adalah Specific Application, yaitu khusus untuk industri Petroleum, Petrokimia dan Natural Gas.
Saya ambil contoh, dalam API Q1 frequency internal audit ditetapkan minimum satu tahun, sedangkan ISO 9001 hanya menyebutkan ‘conduct internal audits at planned intervals’ contoh lain adalah, dalam API Q1 lama simpan rekaman ditetapkan minimum 5 tahun, Pengendalian barang atau jasa yang di outsource sangat jelas persyaratannya, sedangkan dalam ISO 9001 lama simpan diserahkan ke perusahaan untuk ditetapkan dan pengendalian barang atau jasa yang dioutsource belum begitu jelas kecuali edisi ke 4 ISO 9001 nanti…dan lain-lain.

Jadi jawabanya adalah YA, perlu punya API Q1 karena bisnis anda berada dalam oil and gas industry, apalagi bila sudah dipersyaratkan oleh customer.

2. Mengenai sudah punya API 6A dan ISO 9001 adalah sebuah complementary terhadap API Q1, namun dalam prakteknya bila memang sudah dipersyaratkan oleh customer, maka tetap bisnis anda perlu mengajukan aplikasi untuk API Q1, Kalau perusahaan anda sudah punya licence API 6A melalui API monogram program, maka sudah otomatis juga ada API Q1, karena untuk memenuhi persyaratan API Monogram Licensees harus punya sistem manajemen mutu yang sesuai dengan API Q1, namun registrasi utk API Q1 tidak dipersyaratkan.

3. Dalam aplikasi API ada program QualityPlus yang bisa memperoleh 3 certificate sekaligus yaitu API Q1, ISO 29001 dan ISO 9001 (memang ke tiga standard ini hampir mirip semua persyaratannya terutama API Q1 dan ISO 29001, sudah identik) , dengan satu kali bayar untuk ke 3 certificate, Mau?.
Demikian sharing saya, semoga bermanfaat.

Tanggapan 3 – anpan

Yth Pak Darwis,

Terimakasih dan saya sudah sampaikan rencana kami ke depan melalui japri dan mungkin kita bisa lanjutkan untuk langkah berikut sebagai consultant.

Tanggapan 4 – Dirman Artib

Sebagai informasi saja.

Bahwa saya menginterupsi forum konsensus IX SNI bidang migas di Bandung yang akan menyetujui API Q1 diadopt oleh SNI karena alasan keunggulan (market perspectives) dan kegenerik-an ISO 900, apalagi dengan sudah tersedianya ISO TS 29001.

Persoalannya akan lain jika memang ada customer mempersyaratkan dalam kontrak untuk certified dalam API Q1. Dalam hal ini bila anda ISO 9001 certified maka persyaratan untuk certified Q1 itu juga wajib dipenuhi, karena akan menjadi nonconformance bila customer minta komodo dan anda mendelivery dinosaurus.

Tanggapan 5 – Dani Darwis

Dear Mas Dirman

Sampai dengan saat ini saya belum melihat Badan Sertifikasi yang ada di Indonesia siap memberikan Certificate API Q1, disamping ‘Demand’ nya yang rendah, juga Auditor API Q1 nya belum ada, oleh karena itu Mas Dirman adalah tidak murah dan mudah mendapatkan certificate API Q1, selalu Auditor nya dari luar, begitu juga Badan Sertifikasinya.

Demikian sharing saya mas Dirman

Share This