Limit natural frequency di piping system berdasarkan Coade (Pipe Stress Analysis Seminar Notes) minimum 5 Hz, terkadang ada juga project yg mengatakan 4 Hz. Jika dibawah itu ada tendensi piping akan vibrasi dan ada movement yg nantinya tidak bisa dikontrol dan akan mengakibatkan pipa cepat mengalami fail atau crack disambungan lasnya. Sumber vibrasi bisa slug, wind, earthquake, dari rotary equipment dll.

Tanya – dede.firmansyah@singgar-doris

Bapak2 sekalian,

Saya berterimakasih sekali ,jika ada yang bisa berbagi ilmu mengenai natural frequency analysis.

1.Gambaran umum mengenai natural frequency ini dan kaitannya dengan piping design

2.Bagaimana solusi nya jika perhitungan kita,first mode nya misalnya dibawah

3 Hz sedangkan di design basis dinyatakan harus diatas 3 Hz.

Apa saja yg diatur agar dipenuhi kriteria tersebut.

3.Apa saja parameter yg harus diperhatikan, dalam analisis Caesar II.Bisa kah dikeluarkan output korelasi antara Node number dengan natural frequency.

Terimakasih

Tanggapan – Fery Simbolon

Saya coba jawab ya Pak.

1. Limit natural frequency di piping system berdasarkan Coade (Pipe Stress Analysis Seminar Notes) minimum 5 Hz, terkadang ada juga project yg mengatakan 4 Hz. Jika dibawah itu ada tendensi piping akan vibrasi dan ada movement yg nantinya tidak bisa dikontrol dan akan mengakibatkan pipa cepat mengalami fail atau crack disambungan lasnya. Sumber vibrasi bisa slug, wind, earthquake, dari rotary equipment dll.

2.Solusinya dengan menambah guide atau snubber atau damper dititik natural frequency pipa yg paling rendah. Tapi harus diperhatikan juga semakin besar natural frequency maka semakin berkurang flexibilitas pipa yg mengakibatkan nozzle load dan stress pipa semakin besar. Project saya sekarang mensyaratkan natural frequency diatas 4 Hz, ada beberapa line yg tidak comply dengan syarat ini tapi karena linenya hanya water injection line dan terlindung dari wind load sehingga natural frequency 2 Hz masih diterima.

3. Di Caesar Output ada animasi dan mode shape repot, dari output tsb bisa diketahui titik mana yg punya movement yg besar dan disitulah natural frequency yg paling rendah.

Mohon dikoreksi apabila saya salah.