Select Page

Wind turbin merupakan type source energy yang besar investasinya. Disamping infra structure jaringan yang membutuhkan biaya tinggi, kualitas angin juga turun menentukan. Memang perlu cepat sekali untuk membangun Wind Energy. Jika ingin mengupas mengenai hal ini bisa dirujuk keberhasilan wind turbine di wilayah Selandia Baru.

Tanya – Nofriadi.Amir@ikpt

Met pagi semuanya…

Dear milisters….

Adakah dari bapak-bapak yang mengetahui potensi Wind Energy di Indonesia..??

Atau adakah bapak-bapak yang pernah terlibat dalam riset tentang potensi Wind Energy di tanah air..??, kalau ada… mohon share ilmunya…
kira kira kendala apa saja yang membuat kita tidak mengembangkan potensi angin yang saya dengar di China, Eropa dan Amerika menjadi salah satu celah bisnis yang menjanjikan…???

Tanggapan 1 – Teguh.Waskito

Met pagi juga P Nofriadi,

Kebetulan saya pernah melihat peta potensi Wind Energy di Indonesia dan pernah juga memanfaatkannya utk keperluan tugas akhir.
Data yg saya gunakan mungkin sudah tidak valid lagi karena diambil sebelum tahun 1990. kalau Bapak berminat data tersebut atau mungkin ada data yg lebih up to date, bisa diperloh di perpustakaannya milik LAPAN (Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional).
Dari data yg saya peroleh tempo hari rupanya potensinya relatif sangat kecil utk skala kommersial dan hanya beberapa tempat saja yg relatif tinnggi.
Mungkin teman yg lain akan menambahan informasi,…

Tanggapan 2 – Nofriadi.Amir@ikpt

Trima kasih atas infonya pak Teguh…

Untuk tambahan sedikit… saya baru saja dapat info terbaru dari rekan saya yang dulu bekerja di perusahaan Wind Towers. ini sekedar info karna saya juga belum mendapatkan data yang kuat, tapi saya rasa juga perlu kita cermati…
Terakhir ada investor Amerika (saya tidak dapat menyebutkan namanya) yang akan menggandeng satu-satunya perusahaan Wind Towers yang saya tau di indonesia untuk mendirikan instalasi Wind Energy di selatan pulau jawa e.g Cilacap dan pantai Samas Yogyakarta. yang saya mau tanyakan pada rekan2 milis yang mungkin saja ada yang berasal dari sana, apakah kira kira kedua daerah tersebut memiliki kwalitas angin yang memungkinkan..??
yang kedua, kira-kira jika mereka yang membangun instalasi tersebut, energy yang dihasilkan nanti harga jualnya tergantung pada pemerintah kita, atau apakah mereka menjual dengan harga yang mereka tetapkan ke perusahaan kelistrikan kita dan kemudian pemerintah mensubsidi listrik tersebut untuk penggunaan bagi masyarakat…??, mungkin bapak bapak yang pernah di perusahaan kelistrikan dapat membagi infonya…

Sekali lagi, data yang saya berikan di atas tidak kuat, tapi patut kita cermati.

Mohon di share informasinya bapak bapak…

Tanggapan 3 – Poetoet Panji U

Cuma mau share pengalaman aja.barusan ada ujicoba pemakaian wind tuk pebangkit tp msh skala ujicoba di daerah sapeken madura n hasilnya baling2 patah.mgkn nantinya ada penelitian lanjut dg tema yg hampir sama mengenai wind turbin.skrg da salah satu org akademika dr intitusi didaerah timur yg mengambilnya sbg bhn disertasi.mgkn bpk2 bs menghubunginya sbg data pendukung.

Tanggapan 4 – bambang ismoyo

Mengenai wind turbin dapat saya sampaikan merupakan type source energy yang besar investasinya. Disamping infra structure jaringan yang membutuhkan biaya tinggi, kualitas angin juga turun menentukan. Memang perlu cepat sekali untuk membangun Wind Energy. Jika ingin mengupas mengenai hal ini bisa dirujuk keberhasilan wind turbine di wilayah selandia baru.

Tanggapan 5 – Nurrochmat Sawolo

Boss what is plan f today, when r u coming n time of presentn. Pls give me a call at ur convenience.

Tanggapan 6 – Nofriadi.Amir@ikpt

Trima kasih banyak Pak Panji dan Pak Bambang…

Info bapak akan sangat berguna, buat pak Panji kira kira bisa lebih spesifik tentang institusi yang bapak sebutkan (Via Japri aja). Sedikit informasi saya tambahkan, mungkin akan berguna dan mungkin juga sudah ada yang tahu.
Saat ini di Indonesia sudah ada perusahaan asing yang melakukan fabrikasi Wind Towers yang saya tahu ini satu satunya, untuk sekarang seluruh produksi mereka bersifat Export.
Beberapa waktu lalu saya dapat info bahwa mereka ingin mengembangkanya di dua daerah yang saya sebutkan kemaren (Informasi ini belum saya cek lebih lanjut), dan saya yakin mereka sudah berusaha mengkaji terlebih dahulu daerah daerah di Indonesia yang memiliki potensi untuk Wind Energy. Sekedar tambahan pak Panji.. Kalau blade sampai patah, apakah artinya angin di sana cukup kuat….??? Beberapa waktu lalu saya terlibat untuk design Wind Towers (catatan : Only Towers), product mereka pesanan dari Amerika untuk kapasitas 2.5MW/Tower, tinggi 87m type conical dengan 4 section dan 4 Internal Platform + 1 Spill Containment, Diameter Turbin 90m. Sedikit sharing info yang saya perolah dari design Blade nya yang dilakukan di Eropa, Turbin di Design dengan tiga Blade dan masing2 balde bisa berputar beberapa derjat untuk menyesuaikan diri dengan kekuatan angin yang berubah ubah (agar tidak patah), Turbin juga bisa berputar beberapa derjat untuk menyesuaikan diri dengan arah angin yang variatif. selebih nya saya tidak memiliki ilmu lebih banyak tentang ini.
Dan kalau benar mereka sudah melirik celah di Indonesia, tentunya mereka juga sudah melakukan hitung-hitungan untung dan ruginya. Yang perlu kita cermati, Krisis energy yang melanda negara kita jelas adalah potensi bisnis yang dilirik orang asing.

Maaf cuma Sharing Info and Knowledge sejauh yang saya punya, mudah-mudahan bermanfaat, dan saya juga bukan orang yang proffesional dalam hal ini.

Tanggapan selengkapnya dari rekan-rekan Mailing List Migas Indonesia pembahasan bulan Januari 2008 dapat dilihat dalam file berikut:

Share This