Select Page

Mohon pencerahannya untuk kasus berikut ini : (dua) pipa dengan ukuran masing-masing 3/4′ rencananya akan digunakan untuk mengalirkan Instrument Gas/Air (150#, operating pressure 5-10 barg) dan chemical injection (900#, P 10-40 barg). Pertanyaan : 1. perlukah terhadap kedua pipa tersebut dilakukan test? alasan?; 2. test apakah yang lebih tepat, hydro test atau pneumatic test? plus/minusnya?; 3. apakah ada standar baku tentang peng-aplikasian kedua test tersebut?
Maksud saya, misalkan pneumatis test diaplikasikan untuk kasus/kondisi bla..bla.

Tanya – DJogbal ashari.yogbal

Dear all,

Mohon pencerahannya untuk kasus berikut ini :

## (dua) pipa dengan ukuran masing-masing 3/4′ rencananya akan digunakan untuk mengalirkan Instrument Gas/Air (150#, operating pressure 5-10 barg) dan chemical injection (900#, P 10-40 barg).

Pertanyaan :

1. perlukah terhadap kedua pipa tersebut dilakukan test? alasan?

2. test apakah yang lebih tepat, hydro test atau pneumatic test? plus/minusnya?

3. apakah ada standar baku tentang peng-aplikasian kedua test tersebut?

Maksud saya, misalkan pneumatis test diaplikasikan untuk kasus/kondisi bla..bla..

Tanggapan 1 – yudi setiawan

P Ashari

1. Pipeworknya perlu di test utk mengetahui kekuatan integritas dari welding joint, flange dan sbgnya sebelum mulai commisioning.

2. Utk instrument air/gas menggunakan pneumatic test utk mengeliminasi water contamination didalam pipa.

Utk chemical injection, krn alasan safety, ditest menggunakan hydrotest (medium water) lalu dilakukan drying dgn compressed dry air.

3. standard ASME B31.3

Buat teman2 silahkan menambahkan

Tanggapan 2 – arbienoor tresna

Intinya adalah dipergunakan untuk apa pipa tersebut..disini kita ketahui bahwa akan digunakan untuk Instrument Air ( IA ),maka internal pipa tersebut wajib kering ,jika basah maka Bapak akan kerja 2X ( Harus mengeringkan and bla bla bla ) ,dengan demikian Bapak sudah bisa menyimpulkan Test apa yang lebih pantas untuk pekerjaan Bapak ( See ANSI )..Semoga membantu walau tidak strike to the point.

Share This