Select Page

Di setiap Safety Helmet ada Kode tahun Produksi dan masa Expired dari helmet tersebut. Jika melewati masa expired, material safety helmet akan mengeras dan menjadi brittle, tentunya mudah sekali pecah jika terjadi benturan jika dipakai dan akan sangat berbahaya.

Tanya – Turip no

Salam HSE….

Saya butuh pencerahan mengenai Safety Helmet.
Di workshop store saya punya beberapa safety helmet yg sudah lama tersimpan, kondisinya agak kusam tetapi gak ada yg crack. Jadi biar kelihatan bagus lagi rencana mau di painting pake pilox.
Ada gak aturan kalo safety helmet kalo di cat maka kekuatannya akan berkurang and tolong referensi kan legal requirement yg berhubungan dengan Safety Helmet. Thanks atas sharing nya.

Tanggapan 1 – Leonard_Sinaga@fmi

Pak Turipno,

Yang saya dapat dari safety training di PT.Freeport Indonesia (standard NOSA 5 STAR). Safety Helmet tidak boleh sama sekali di cat, karena Plastic yang ada pada Safety Helmet akan bersenyawa dengan Cat. Sehingga dapat mengakibatkan pengaruh pada kekuatan Safety Helmet.

Tanggapan 2 – Firdiansyah, Fikri

Pak Turipno,

Melanjutkan pembahasan Pak Leonard Sinaga, berdasarkan reference safety helmet yang saya baca, ‘tidak boleh melakukan pengecatan safety helmet’ please see the attachment. walaupun referensi ini mengenai safety helmet MSA V-guards, namun referensi ini sama dengan merk safety helmet yang lainnya. Mungkin rekan-rekan yang lainnya bisa menambahkan.

Tanggapan 3 – Zainul

Di workshop store saya punya beberapa safety helmet yg sudah lama tersimpan.

Lamanya berapa tahun?

Di setiap Safety Helmet ada Kode tahun Produksi dan masa Expired dari helmet tersebut.

Jika melewati masa expired, material safety helmet akan mengeras dan menjadi brittle, tentunya mudah sekali pecah jika terjadi benturan jika dipakai dan akan sangat berbahaya..

Tanggapan 4 – Cipta Suryana

Pak Turipno,

Untuk Standardnya bapak bisa meref. Ke ANSI Standard Z89.1

Tanggapan selengkapnya dari rekan-rekan Mailing List Migas Indonesia pembahasan bulan Januari 2008 dapat dilihat dalam file berikut :

Share This