Select Page

Bioenzym ini adalah suatu bentuk protein non-living catalyst yang mempunyai sifat pencerna hidrokarbon/ minyak dan efektif untuk melepaskan minyak (hydrocarbon compounds) dari permukaan solid (batuan reservoir).

Tanya – Ihwan Rosyadi

Saya mau menanyakan tentang bioenzyme technology, sekiranya ada dari bapak-bapak/ibu-ibu yang bisa share ke saya, salah satu fungsi dari bioenzyme adalah menurunkan tegangan permukaan yang ingin saya tanyakan juga, adakah kelebihan bioenzyme terhadap surfactan?

Atas perhatiaanya saya ucapkan terimakasih.

Tanggapan – Dody Cahyadi

Dear Mas Ihwan,

Kebetulan tugas akhir saya membahas tentang stimulan bioenzyme,
Material stimulasinya adalah Gxxxzyme (takut dikira promosi..hehe), salah satu unclogging material untuk sumur minyak. Bioenzyme ini adalah suatu bentuk protein non-living catalyst yang mempunyai sifat pencerna hidrokarbon/ minyak dan efektif untuk melepaskan minyak (hydrocarbon compounds) dari permukaan solid (batuan reservoir).

Dari hasil lab pabriknya, bioenzyme ini memang menurunkan interfacial tension.
Sedikit informasi saja, surfaktan memiliki kekurangan : korosif terhadap downhole & production equipt, kemampuannya cepat menurun, trus lifetimenya singkat, Mungkin rekans milis..ada yang lebih tahu mengenai hal ini.

Share This