Early Production Facilities untuk oil plant pada dasarnya adalah: – Pemisahan Oil-Water-Associated Gas. bisa pakai 3-phase separator, atau 2-phase separator + tanki, Gun barrel Tank, dll. Intinya memisahkan ketiga komponen itu; – Kalau associated gas nya biasanya di-flare saja, atau di-recover untuk fuel gas (kalau punya gas engine misalnya untuk bikin listrik); – Ada produced water treatment. Entah pakai floatation tank, CPI intercaptor, gas floatation tergantung
kriteria lingkungan dan sikon; – Perlu ada tanki penampungan minyaknya sebelum di jual, termasuk offloading pump. Kalau minyaknya kentel, tanki nya perlu pemanas supaya tidak jadi agar-agar. Bisa pakai steam atau electrik coil.

Tanya – Slamet Widodo

Dear all,

Mohon pencerahan, utk early production facilities (EPF) dgn kapasitas 20,000 BOPD kira-kira gimana minimum requirement-nya. Vessel apa saja yg diperlukan, berapa ukuran dan berat masing-masing vessel.

Apakah HP/LP Separator dan HP/LP cyclone sudah cukup atau masih ada yg lain?
Kalo ada PFD minta tolong disertakan.

Tanggapan 1 – Ari Firmansyah

Pak Slamet,

Pertanyaannya kok agak berbau conceptual design ya, pake ukuran dan berat vessel, bahkan PFD segala… 🙂

Tanggapan 2 – Muchlis Nugroho

Yth,

Kalau early production facilities untuk oil plant pada dasarnya adalah:

– Pemisahan Oil-Water-Associated Gas. bisa pakai 3-phase separator, atau 2-phase separator + tanki, Gun barrel Tank, dll. Intinya memisahkan ketiga komponen itu.

– Kalau associated gas nya biasanya di-flare saja, atau di-recover untuk fuel gas (kalau punya gas engine misalnya untuk bikin listrik).

– Ada produced water treatment. Entah pakai floatation tank, CPI intercaptor, gas floatation tergantung kriteria lingkungan dan sikon.

– Perlu ada tanki penampungan minyaknya sebelum di jual, termasuk offloading pump. Kalau minyaknya kentel, tanki nya perlu pemanas supaya tidak jadi ager-ager. Bisa pakai steam atau electrik coil.

Karena sumurnya masih baru maka biasanya tekanannya masih tinggi sehingga minyaknya ngalir sendiri ke permukaan. Jadi tidak perlu di sedot pakai pompa angguk, water injection, atau gas floatation (etc).